Pariaman (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Sumatera Barat Yaminurizal mengatakan perolehan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 oleh atlet asal daerah itu menjadi motivasi bagi pihaknya untuk meningkatkan pembinaan terhadap atlet yang ada di kota tersebut. 
 
"Ini merupakan prestasi yang luar biasa sekali, karena Kota Pariaman bisa berkontribusi terhadap perolehan medali di PON Aceh Sumut dengan mendapatkan medali perak dan perunggu dicabor sepatu roda," kata Yaminurizal di Pariaman, Jumat. 
 
Ia mengatakan prestasi tersebut akan menjadi motivasi bagi Pemkot Pariaman dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat serta cabang olahraga sepatu roda untuk melatih atlet sehingga dapat meningkatkan prestasi pada pelaksanaan PON berikutnya. 
 
“Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua kedepannya untuk meningkatkan pembinaan atlet sepatu roda Kota Pariaman," katanya. 
 
Diketahui dua dari lima atlet asal Pariaman yang turun di cabang olahraga sepatu roda pada PON Aceh-Sumut 2024 berhasil meraih medali. 
 
Atlet yang memperoleh mendali tersebut yaitu Cory Darya memperoleh mendali perunggu dan Najmi Hayati memperoleh medali perunggu. Keduanya sebagai juara nomor Individual Time Trial 100 meter.
 
Sementara itu, Ketua KONI Kota Pariaman Edison Trd menyatakan rasa bangganya pada atlet sepatu roda yang telah berhasil mengharumkan nama Kota Pariaman di kancah nasional.
 
“Walaupun atlet kita ini baru bisa meraih medali perak dan perunggu tetapi prestasi itu sudah sanggat membanggakan bagi kami," ujarnya . 
 
Ia mengatakan prestasi tersebut menjadi motivasi bagi anak-anak di Pariaman untuk lebih giat berlatih agar bisa meraih medali emas di perlombaan berikutnya. 
 
Sebelumnya, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan tujuh atlet untuk mengikuti tiga cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumatera Utara (Sumut) 2024.
 
"Ada tujuh atlet asal Pariaman yang akan mengikuti PON Aceh-Sumut Tahun 2024. Selain itu, Pariaman juga mengutus dua orang pelatih yang akan menjaga dan mengawasi mereka selama mengikuti pertandingan," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi di Pariaman, Jumat.
 
Tujuh atlet tersebut yaitu Cory Darya, Dafa Muhamad Alfauzen, Hana Fatihatul Aulia, Najmi Hayati, dan Salsabila Ghina Fitria. Mereka akan mengikuti cabang olahraga Sepatu Roda.
 
Selanjutnya Tesya Tri Permata mengikuti cabang olahraga Tarung Drajat lalu Silviani Wulandari mengikuti cabang olahraga Pentaque.
 
 
 

Pewarta : Aadiaat MS
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024