Padang Aro (ANTARA) -
Asisten I Setdakab Solok Selatan Efi Yandri mengatakan, Pilkada serentak yang akan digelar 27 November 2024 merupakan momentum penting dalam kehidupan berdemokrasi. 
 
"Kami berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pen Pemilu (Bawaslu) bekerja sebaik mungkin," katanya saat rapat Pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), di Padang Aro, Kamis.
 
Menurut dia, penetapan DPT merupakan salah satu tahapan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, karena menjadi bagian yang penting bagi kesuksesan pelaksanaan Pemilu. 
 
Penyelenggara Pemilu katanya, memiliki peran yang sangat strategis dalam melahirkan pemimpin masa depan dan salah satunya adalah untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045. 
 
Data pemilih adalah data yang sangat krusial karena akan menentukan konversi suara menjadi pemenang dalam Pilkada serentak. 
 
"Kami yakin KPU sudah melakukan beberapa tahapan dan proses untuk pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT pada hari ini," ujarnya.
 
Dengan penetapan DPT ini, diharapkan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, transparan, dan akuntabel. 
 
Pemerintah Daerah juga akan terus berkomunikasi dan menjalin sinergi dengan semua pihak, supaya proses penyelenggaraan Pilkada berjalan lancar, aman dan sukses. 
 
Ia berpesan agar dalam tahapan Pilkada 2024 seluruh ASN, TNI dan Polri bersikap netral dan bekerja sesuai koridor hukum yang berlaku. 
 
"Saya juga berharap agar seluruh komponen masyarakat ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat," ujarnya.
 
 
 
 

Pewarta : Erik Ifansya A
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024