Sawahlunto (ANTARA) -
KPU Kota Sawahlunto, Sumatera Barat mengajak masyarakat untuk memeriksa dan menanggapi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada serentak Tahun 2024. 
 
Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani di Sawahlunto, Jum'at menyampaikan keikutsertaan masyarakat berpartisipasi mencek terdaftar atau tidaknya mereka dalam DPS sangat penting untuk mendeteksi lebih awal jika ada data yang kurang atau tidak tepat.
 
"Kami sudah mengeluarkan DPS, sudah disebarkan sampai ke desa dan kelurahan, dengan jadwal masa tanggapan/masukan terhadap DPS tersebut pada 18 sampai 27 Agustus 2024. Silahkan masyarakat memberikan hak menanggapi jika mendapati ada data yang kurang, tidak cocok dan lain-lain," kata dia.
 
Ia merinci beberapa kriteria masukan/tanggapan terhadap DPS yaitu ; pemilih telah memenuhi syarat namun tidak terdaftar, perbaikan data pemilih, pemilih tidak berdomisili sesuai alamat e-KTP, pemilih terdaftar lebih dari satu kali dan pemilih terdaftar tapi sudah tidak memenuhi persyaratan.
 
Untuk prosedur menanggapi DPS tersebut, yakni dengan mengisi formulir model A-Tanggapan yang bisa diperoleh pada PPS Desa/Kelurahan atau didownload (unduh) melalui barcode di website dan media sosial KPU.
 
Sementara untuk data DPS Kota Sawahlunto untuk Pilkada serentak nanti tercatat berjumlah total 49.673 pemilih. 
 
"Terdiri dari 24.939 pemilih laki-laki dan 24.734 pemilih perempuan," kata dia.
 
Dihubungi terpisah, Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan mengatakan Pemkot mendukung penyelenggara Pemilu dalam tahapan-tahapannya, termasuk pengumuman dan penerimaan tanggapan terhadap DPS.
 
"Kita dukung dan bantu melalui PPS di Desa/Kelurahan agar bergerak mensosialisasikan sehingga masyarakat berpartisipasi dalam mencek sampai memberikan tanggapan pada DPS ini. Hal ini perlu diprioritaskan agar nanti ketika sudah masa pemungutan suara tidak ada lagi masalah dengan data pemilih ini," kata dia. (Yudha Ahada)

Pewarta : Yudha Ahada
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024