Padang (ANTARA) - Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja perguruan tinggi swasta dalam peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X kembali memberikan penghargaan kepada Perguruan Tinggi Swasta di lingkunganya (Sumbar dan Jambi).

Melalui program anugerah LLDIKTI Wilayah X pada 2024 pada Rabu-Kamis, 7-8 Agustus 2024 di Swiss-Belhotel Kota Jambi.

“Anugerah ini diberikan pada rangkaian Rapat Kerja sebagai apresiasi dan motivasi bagi PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X untuk terus meningkatkan perfomanya dalam berbagai bidang, sehingga dengan ini pimpinan dan pengelola PTS semakin bersemangat terus untuk bekerja lebih baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas PTSnya guna peningkatkan mutu pendidikan dan lulusan,”ucap Kepala LLDIKTI X, Afdalisma, SH, M.Pd disela pelaksanaan Raker.

Lebih lanjut ia menjelaskan pada Anugerah LLDIKTI Wilayah X Tahun 2024 ini akan diberikan beberapa penghargaan capaian kinerja tahun 2023 dan tahun 2024 semester satu. 

Kategori dan pemenang anugerah LLDIKTI Wilayah X Tahun 2024 yakni :

Pemenang Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X tahun 2023 : Institut Teknologi Padang dan Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Pemenang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sumatera Barat tahun 2023 dari Komisi Informasi Sumbar sebagai Badan Publik Informatif dan Peringkat I Kategori Perguruan Tinggi : Institut Teknologi Padang

Pemenang Implementasi Kebijakan Anti Kekerasan di Perguruan Tinggi  Terbaik, Berdasarkan data portal PPKS Puspeka Kemendikbudristek dan Pelaporan Capaian IKU LLDIKTI Wilayah X Triwulan I dan Triwulan II tahun 2024 : 

Kategori Universitas : Universitas Adiwangsa Jambi, Universitas Baiturrahmah, Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi,  Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan   Universitas PGRI Sumatera Barat

Kategori Institut : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo.

Kategori Sekolah Tinggi : STIKes Dharma Landbouw, STIKes Ranah Minang dan STKIP Widyaswara Indonesia.

Kategori Akademi : Akademi Farmasi Prayoga Padang, Akademi Kebidanan Pasaman Barat, Akademi Keperawatan Baiturrahmah, Akademi Keperawatan Bina Insani Sakti dan Akademi Keuangan dan Perbankan Padang.

Kategori Politeknik : Politeknik 'Aisyiyah Sumatera Barat.

Pemenang PTS Dengan Program Studi Peringkat “Unggul” Terbaik Periode Data Bulan Mei 2023 s.d. Juni 2024 :  Universitas Baiturrahmah, Program Studi Profesi Kedokteran Gigi, Universitas Baiturrahmah, Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi, Universitas Bung Hatta, Program Studi Sarjana Pemanfaataan Sumber Daya Perikanan dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam.

Pelaporan PDDIKTI Terbaik:

Kategori Universitas : Universitas PGRI Sumatera Barat dan Universitas Merangin.

Kategori Institut : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo dan Institut Teknologi Padang.

Kategori Sekolah Tinggi : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih dan Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang.

Kategori Akademi :  Akademi Keperawatan Bina Insani Sakti dan Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang.

Kategori Politeknik : Politeknik 'Aisyiyah Sumatera Barat dan Politeknik Jambi.

Pemenang Pelaporan Kerja Sama PTS Terbaik: Universitas Bung Hatta.

Pemenang Pelaporan Capaian IKU PTS Tahun 2023 Terbaik, Hasil ini didapatkan dari Pelaporan IKU Perguruan Tinggi pada laman Dashboard IKU Perguruan Tinggi per tanggal 31 Juli 2024.

Kategori IKU 1 (Kesiapan Kerja Lulusan) :  Universitas PGRI Sumatera Barat,  Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LPPN dan Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang.

Kategori IKU 2 (Mahasiswa Berkegiatan/Berprestasi di Luar Program Studi) : Universitas Baiturrahmah, Universitas PGRI Sumatera Barat dan STKIP Ahlussunnah.

Kategori IKU 3 (Dosen Berkegiatan di Luar Kampus) : Universitas MERCUBAKTIJAYA, Universitas Metamedia dan Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo.

Kategori IKU 4 (Kualifikasi Dosen/Pengajar) : Universitas Baiturrahmah,  Universitas PGRI Sumatera Barat dan Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Padang.

Kategori IKU 5 (Karya Dosen) : Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP dan Akademi Keuangan dan Perbankan Padang.

Kategori IKU 6 (Kemitraan Program Studi) : Universitas Bung Hatta, Universitas PGRI Sumatera Barat dan  Institut Teknologi Padang.

Kategori IKU 7 (Pembelajaran Dalam Kelas) : Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi, Politeknik Kesehatan Siteba dan Politeknik Jambi.

Kategori IKU 8 (Akreditasi Internasional) : Universitas Baiturrahmah.

Apresiasi PTS Pengisi Acara Raker LLDIKTI Wilayah X Tahun 2024 : Universitas Batanghari Jambi,  Universitas Muhammadiyah Jambi,  Universitas Nurdin Hamzah,  STIKes Baiturrahim, STIKes Garuda Putih dan  Politeknik Jambi

Tuan Rumah Kampus Merdeka Fair Tahun 2024 : Universitas PGRI Sumatera Barat.

Tuan Rumah Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke 8 Tahun 2024 : Universitas Muhammadiyah Jambi.

Apresiasi Terhadap PTS yang sudah membentuk Satgas PPKS : Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Universitas Ekasakti, Universitas Tamansiswa, Universitas Baiturrahmah, Universitas Dharma Andalas, Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi, Universitas Dharmas Indonesia, Universitas Adiwangsa Jambi.

Selanjutnya Universitas Perintis Indonesia, Universitas Nurdin Hamzah, Universitas PGRI Sumatera Barat, Universitas Metamedia, Universitas Muhammadiyah Muaro Bungo, Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo, STIE KBP Padang, STIA Adabiah, STIA LPPN Padang, STIE Sakti Alam Kerinci.

Berikut STIKes Piala Sakti Pariaman, STIKes Ranah Minang, STIKes Dharma Landbouw, STKIP Widyaswara Indonesia , STIE Widyaswara Indonesia, STIH Putri Maharaja, Akademi Keuangan dan Perbankan Padang, Akademi Akuntansi Indonesia Padang, Akademi Keperawatan Baiturrahmah, AMIK Bukittinggi, Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi,  AKTAN Boekitinggi, AKPER Bina Insani Sakti, AKBID Pasaman Barat, AKFAR Prayoga Padang dan Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat.

Lebih lanjut Afdalisma menyampaikan ucapan selamat kepada PTS yang telah mendapatkan anugerah. "Semoga ini menjadi motivasi untuk terus berkarya untuk kemajuan PTS, LLDIKTI dan Kemendikbudristek. Bagi PTS yang belum masuk dan menerima penghargaan, tidak perlu bekecil hati namun jadikan sebagai motivasi juga untuk bekerja lebih giat lagi untuk meraih standar bahkan melampaui standar yang telah ditetapkan", ujarnya.

“Selamat untuk para pemenang dan sampai jumpa di raker dan anugerah LLDIKTI Wilayah X tahun 2025”tutupnya.*

 

Pewarta : Rls-Dunan
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024