Lubukbasung (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar pelatihan manajemen bisnis koperasi bagi para pengurus lembaga tersebut dalam rangka menambah kepengetahuan untuk memajukan usaha menuju perekonomian yang lebih baik.
 
Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Agam Asril di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan diikuti puluhan pengurus koperasi itu diadakan dari 25-27 Juni 2024.
 
"Peserta pelatihan berasal dari utusan koperasi di daerah itu," katanya.
 
Ia mengatakan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat Edwar dan narasumber lainnya.
 
Pelatihan manajemen koperasi dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat dalam menuju perekonomian yang lebih baik.
 
"Melalui pelatihan ini diharapkan para pengurus koperasi dapat memperoleh ilmu tentang rencana bisnis koperasi dan pengembangan usaha koperasi, dapat mensejahterakan anggota dan masyarakat," katanya.
 
Ia menambahkan peningkatan kinerja koperasi dari tahun ke tahun terus dilakukan dalam menunjukkan semangat penggiat koperasi yang cukup tinggi. 
 
Ia berharap seluruh koperasi di Agam dapat menjadi wadah yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk pengembangan usaha dan perekonomian.
 
"Pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kapasitas pengurus koperasi di Agam, sehingga koperasi dapat berperan lebih aktif dalam memajukan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Ia mengakui Agam memiliki sebanyak 230 koperasi dengan rincian aktif 149 koperasi dan tidak aktif 81 koperasi.
 
Koperasi yang tersebar di 16 kecamatan itu memiliki anggota sebanyak 32.216 orang. 
 
 

Pewarta : Yusrizal
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024