Sawahlunto (ANTARA) -
Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat sedang mempersiapkan fasilitas pendukung untuk para pedagang kuliner yang direlokasi dari areal terminal Sawahlunto. 
 
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sawahlunto Tatang Sumarna, di Sawahlunto, Kamis menyampaikan para pedagang itu dipindahkan dari terminal karena dalam waktu dekat di terminal tersebut akan dilakukan pekerjaan pembangunan dari APBD Provinsi Sumatera Barat.
 
"Jadi pedagang kuliner kita yang biasanya dari sore sampai malam hari berjualan di kawasan terminal, kita relokasi dulu ke bawah SMP Negeri 1 Sawahlunto. Saat ini kita sedang memasang tenda dan fasilitas pendukung lain untuk para pedagang ini," kata dia.
 
Ia merinci ada 28 orang pedagang yang direlokasi dari kawasan terminal itu. 
 
Untuk mengoptimalkan fasilitas itu Pemkot Sawahlunto bersinergi dengan Bank Nagari, yaitu tenda-tenda untuk berjualan yang sedang dipasang sekarang bersumber dari bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Nagari.
 
Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan turun langsung meninjau pekerjaan pemasangan tenda dan fasilitas pendukung lainnya itu.
 
"Kita arahkan pada perangkat daerah terkait dengan dibantu Camat dan Kelurahan, yakni bagaimana selain dibantu fasilitas pendukung berdagang, juga kita arahkan agar lokasi ini bisa tertata dengan baik, bersih, rapi serta indah. Karena dengan kebersihan dan keindahan itu nanti akan berdampak besar membuat banyak orang tertarik datang berbelanja," kata dia.
 
Ia berpesan agar jajaran perangkat daerah dan pedagang yang direlokasi itu bisa bersinergi bahu membahu menjaga kebersihan dan keindahan lokasi berdagang itu. 

Pewarta : Yudha Ahada
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024