Sawahlunto (ANTARA) -
Pemkot Sawahlunto bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperkuat peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam penyelenggaraan tugas jajaran pemerintahan terdepan. 
 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kota Sawahlunto Afrizon, di Sawahlunto, Kamis menyampaikan salah satu upaya memperkuat peran Satlinmas itu melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan bekerja sama dengan Satpol PP Provinsi Sumbar.
 
"Sudah selesai kita laksanakan peningkatan kapasitas Satlinmas ini, pesertanya sebanyak total 40 orang, perwakilan dari seluruh Desa dan Kelurahan, ditambah dari Satpol PP Kota. Materinya terkait bagaimana jajaran Satlinmas dalam berinteraksi kepada masyarakat bisa dilakukan secara persuasif, edukatif dan partisipatif," kata dia.
 
Ia menyebut pada bimtek tersebut narasumber yang menyampaikan materi dan arahan yakni Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan, Kepala Satpol PP Provinsi Sumbar Irwan, Kasatpol PP-Damkar Sawahlunto Afrizon dan Komisioner KPU Sawahlunto Febdory Armansyah.
 
"Sebenarnya Satlinmas ini mempunyai banyak fungsi. Termasuk dalam masa penyelenggaraan Pilkada nanti, makanya salah satu narasumber dalam bimtek ini adalah dari KPU," katanya.
 
Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan mengarahkan jajaran Satlinmas supaya bisa meningkatkan kepekaan menangkap berbagai isu yang rawan menimbulkan persoalan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.
 
"Satlinmas kita memiliki waktu dan akses yang banyak dalam berinteraksi dengan masyarakat. Kita harapkan dengan waktu dan akses tersebut bisa dimaksimalkan sehingga bisa mengantisipasi hal-hal yang akan mengganggu lingkungan masyarakat," kata dia. 

Pewarta : Yudha Ahada
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024