Solok (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menilai rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang digelar pemerintah Kota Solok selama empat hari berturut-turut itu sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat dearah setempat. 

"Salah satu upaya yang dilakukan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat adalah dengan mengembangkan potensi pariwisatanya," kata Mahyeldi di Solok saat memberikan sambutan dalam rangka penutupan Rang Solok Baralek Gadang, Minggu. 

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk menarik wisatawan agar semakin ramai berkunjung ke objek wisata maka perlu diadakan beberapa inovasi dan iven-iven menarik, salah satunya berupa iven Rang Solok Baralek Gadang yang digelar Pemkot Solok.

"Hari ini tampak masyarakat sangat antusiasme meramaikan rangkaian kegiatan Rang Solok Baralek Gadang. Saya lihat para pelaku UMKM senyum-senyum menjajakan produknya. Itu menandakan produk mereka banyak yang laku," kata dia. 

Ia juga mengaresiasi rangkaian kegiatan Rang Solok Baralek Gadang yang tidak hanya mengangkat potensi-potensi seni budaya lokal tetapi juga mampu menggairahkan perekonomian masyarakat setempat khususnya pelaku UMKM.

"Semoga ke depannya iven yang digelar Pemkot Solok lebih meriah lagi dari tahun ini dan melahirkan inovasi-inovasi baru," ujar dia. 

Sehingga ke depannya Kota Solok tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja tetapi juga wisatawan nasional, bahkan internasional. 

Selain itu, Mahyeldi juga menginformasikan bahwa pada November nanti akan ada Pekan Olahraga Mahasiswa dan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat nasional yang digelar di Sumbar. 

"Tentu nantinya para peserta akan diajak mengunjungi objek wisata yang ada di Sumbar. Objek wisata Kota Solok termasuk salah satu daerah yang direkomendasikan," kata dia.  

Di samping itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri mengatakan kegiatan Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu iven yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022 dari 101 pariwisata yang lolos seleksi di Kementerian Pariwisata. 

"Ini merupakan iven pertama yang lolos tingkat nasional. Kami berharap ke depannya akan terus dipertahankan dengan selalu mengangkat budaya lokal dan potensi wisata di Kota Solok," kata dia. 

Selain itu, ia mengatakan tujuan Rang Solok Baralek Gadang adalah mempromosikan kepariwisataan melalui budaya lokal dan mengangkat sektor ketahanan pangan di Kota Beras Serambi Madinah. 

"Selain itu, tujuan pelaksanaan kegiatan ini di tengah sawah karena merupakan ikon dari Kota Solok itu sendiri yang dikenal sebagai Kota Beras Serambi Madinah," ucap dia. 

 

Pewarta : Laila Syafarud
Editor : Mario Sofia Nasution
Copyright © ANTARA 2024