Padang (ANTARA) - Peralatan lampu lalu lintas di Kota Padang  raib digondol maling tepatnya di perempatan Sawahan, Kecamatan Padang Timur menyebabkan lampu lalu lintas di kawasan itu tak berfungsi.

"Hingga saat ini lampu lalu lintas  di persimpangan itu tidak berfungsi, seluruh komponen dicuri, pengendara pun harus berhati-hati," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakhri, di Padang Selasa.

Menurutnya  Simpang Sawahan sempat ditutup beberapa waktu yang lalu karena ada perbaikan jembatan sehingga  jalur itu ditutupi seng, termasuk lampu lalu lintas di bagian timur.

"Setelah selesai pengerjaan jembatan, lampu lalu lintas  tidak lagi berfungsi," ujarnya
 
Ia mengatakan selama pekerjaan jembatan, lampu dimatikan dan lokasi ini tertutup seng proyek.

"Tidak saja kabel-kabel yang diembat maling. Tetapi juga semua isi boks dan besi kerangkeng di  lampu lalu lintas  dibawa pencuri,"  katanya.

Ia menyampaikan  tiga hari ke depan  akan memasangkan kembali lampu lalu lintas  di Simpang Sawahan.

"Jadi para pelintas simpang tersebut kami harap hati-hati dan sabar selama tiga hari ini,"  katanya.

Sebelumnya kabel lampu pengatur lalu lintas di Kota Padang yang ditanam di bawah tanah juga raib  dicuri pada Februari 2021.

Akibat pencurian tersebut lampu lalu lintas di Jalan KH Ahmad Dahlan mati dan tidak berfungsi.

Tidak hanya itu sejumlah peralatan lampu lalu lintas yang pernah dicuri juga terjadi pertigaan Jalan Perintis Kemerdekaan, Sawahan dan Agus Salim dan Simpang Rumah Makan Lamun Ombak Jalan Khatib Sulaiman.

Ia menyayangkan aksi pencurian ini kembali terjadi karena dapat membahayakan keselamatan pengendara sebab lampu lalu lintas menjadi tidak berfungsi.

Dian mengaku pihaknya juga telah melaporkan kasus pencurian ini kepada pihak kepolisian.

"Semoga pelakunya bisa segera ditangkap," ucapnya.

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor : Maswandi
Copyright © ANTARA 2024