Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang menyatakan kesiapan untuk menyukseskan perhelatan kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI yang akan digelar pada 20-25 Juni  2020.
    "Pemprov Sumbar telah memulai mempersiapan lahan untuk Penas KTNA , karena dalam acara  tersebut, akan dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman buah-buahan, termasuk menyediakan kolam untuk diisi berbagai jenis ikan," kata Kepala Dinas Pertanian Padang  Syaiful  Bahri di Padang, Rabu.
    Menurutnya  diperkirakan sebanyak 50 ribu petani dan nelayan akan berkumpul di Kota Padang pada even tersebut.
    Penas  merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak 1971, dan menjadi bagian yang strategis dalam upaya membangun kesepahaman diantara berbagai pemangku kepentingan  sektor pertanian maupun perikanan, ujar dia.
    Selain itu, lanjut dia, pertemuan tersebut merupakan forum untuk saling bertukar pikiran informasi antar kemitraan jejaring kerja sama petani, nelayan, peneliti, penyuluhan, pihak swasta dan pemerintah.
    "Kegiatan Penas di Kota Padang juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan KTNA untuk masa depan petani nelayan secara nasional," ujar dia.
     Ia menyampaikan  Kota Padang memiliki potensi produksi, pengolahan hasil tani dan nelayan serta pemasaran yang berdaya saing untuk meningkatkan kedaulatan pangan guna menunjang pembangunan berkelanjutan.
     Semoga  kegiatan Penas KTNA di Padang  mampu menggairahkan sektor pertanian dan perikanan yang mampu membangkitkan semangat menuju kemandirian, ketahanan serta kedaulatan pangan Indonesia.
    Sementara itu, Kepala Dinas  Pangan Kota Padang Syahrial mengatakan persiapan kegiatan terus berjalan.
    Pelaksanaan pembukaan Penas KTNA akan  dipusatkan  di Balai Kota Padang dan  selama sepuluh hari kegiatan  para peserta dipastikan memilki jadwal padat  mengikuti beragam acara.
    Syahrial menjelaskan  kegiatan  yang digelar mulai dari pagelaran teknologi sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan lainnya. 
    "Nantinya seluruh peserta Penas akan menginap di rumah  penduduk pada dua kecamatan Koto Tangah dan Kuranji,"  kata dia.
    Hingga saat ini, Syahrial menyebutkan peserta yang sudah mendaftar dan mengikuti Penas KTNA di Kota Padang mencapai 25 ribu orang.
    Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumbar, Oyon Syafei mengungkapkan pihaknya mulai mempersiapkan lahan untuk Penas KTNA untuk  penanaman berbagai jenis tanaman buah-buahan, termasuk menyediakan kolam untuk diisi berbagai jenis ikan.
    Ada sekitar 10 hektare  lahan yang disediakan untuk persiapan puncak Penas KTNA ke XVI. Lahan tersebut nantinya akan ditanami berbagai jenis tanaman buah-buahan, kata dia. (*)

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor : Mukhlisun
Copyright © ANTARA 2024