Padang,(Antaranews Sumbar) - Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, PT. Pertamina Marketing Operation Region Satu (MOR I)  membentuk Satuan Tugas (satgas) Ramadhan Idul Fitri, salah satunya menyiapkan motor yang akan membawa bahan bakar minyak (BBM) dalam bentuk kemasan di Sumatera Barat (Sumbar).

General Manager PT. Pertamina MOR I Sumbagut, Joko Pitoyo, usai melakukan safari ramadhan dengan menyantuni 125 anak yatim dan kaum dhuafa di Padang, Senin (28/5) menjelaskan, Satgas Ramadhan Idul Fitri akan mulai diaktifkan pada 30 Mei hingga 28 Juni.

"Satgas Ramadhan Idul Fitri  dibentuk sebagai upaya untuk menghadapi libur lebaran, dan meningkatnya kebutuhan BBM oleh masyarakat," katanya.

Joko menyebutkan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, Pertamina telah menyiapkan tiga kantong SPBU di Sumbar, yang terdapat di tiga lokasi yakni SPBU Padang Lua Bukittinggi dengan nomor 14264566, SPBU Baso  Agam dengan nomor 14261580, dan SPBU Ngalau Payakumbuh dengan nomor 142626543.

"Selain menyiapkan tiga kantong SPBU di daerah pada lebaran tahun ini. Untuk pertama kalinya, Pertamina menyiapkan dua satgas motoris untuk mengatasi kemacetan," jelasnya.

Joko menambahkan nantinya motoris ini akan ditempatkan di dua lokasi, yakni SPBU Baso dan Padang Lua. Motoris ini nantinya akan membawa BBM dalam bentuk kemasan, jika terjadi kemacetan di lokasi wisata.

Sementara itu untuk persediaan BBM, saat ini di TBBM Teluk Kabung, untuk BBM jenis premium, Pertamina memiliki stok untuk 19,66 hari, solar 18,41 hari, dan avtur 7,43 hari.

Untuk konsumsi BBM, dalam sehari Pertamina menyiapkan sebanyak 2.250 kl BBM, yang terdiri dari premium sebanyak 1.310kl, pertalite 850kl, dan pertamax 90kl. Lonjakan peningkatan konsumsi BBM paling tinggi saat lebaran, diperkirakan terjadi di kabupaten 50 Kota, yang bisa mencapai 50 persen. (*) 

Pewarta : Melani Friati
Editor : Joko Nugroho
Copyright © ANTARA 2024