Painan, (Antaranews Sumbar) - Pelajar SMP sederajat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meraih peringkat lima besar hasil ujian nasional se-provinsi setempat yang digelar pada 23 hingga 26 April 2018.

       "Hasil lima besar diraih dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) sementara pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pelajar kami meraih sembilan besar," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Senin.

       Ia menambahkan capaian tersebut merupakan capaian yang baik dan ia berharap bisa ditingkatkan untuk tahun berikutnya.

        Karena, ungkapnya, pada 2015 pelajar setempat mampu meraih peringkat satu hasil ujian nasional se-Sumatera Barat dan anjlok pada 2016 hingga menempati posisi terakhir dari jumlah kabupaten / kota yang ada.

       Selanjutnya pada 2017 peringkat UN pelajar setempat naik satu tingkat di posisi 18.

         "Melihat situasi itu kami tidak tinggal diam dan melakukan beberapa terobosan diantaranya menunjukkan bapak angkat yang berasal dari pejabat kabupaten di masing-masing sekolah dan kami bersyukur hasilnya bisa sama-sama kita lihat," katanya lagi.

         Kendati demikian sebut bupati, capaian yang diraih saat ini merupakan hasil dari kerjasama tim yang solid dan mesti dipertahankan.

       "Saya berencana untuk mengajak para kepala sekolah di sebuah kegiatan dan akan mendiskusikan kembali seputar terobosan yang akan dilaksanakan dengan kemajuan dunia pendidikan," ujarnya.

        Bupati menyebutkan pembangunan dunia pendidikan sangat penting karena kualitas pendidikan akan mempengaruhi pembangunan daerah untuk masa mendatang.

        Namun, imbuhnya pembangunan pendidikan mesti dilaksanakan secara tepat dan harus lepas dari unsur rekayasa.

        "Saya rasa percuma meraih peringkat satu provinsi jika pelaksanaan ujian dilakukan dengan kecurangan, lebih baik apa adanya tapi dilaksanakan secara jujur," katanya lagi. (*)

Pewarta : Didi Someldi Putra
Editor : Mukhlisun
Copyright © ANTARA 2024