Padang, (Antara Sumbar) - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Ziarah Kesenian Nusantara yang akan digelar pada 2 sampai 6 November 2017.

Ziarah Kesenian Nusantara merupakan sebuah komunitas kesenian yang berpusat di Kuala Lumpur Malaysia yang fokus memajukan seni budaya yang ada di nusantara.

"Selama kegiatan nanti ada beberapa daerah yang akan dikunjungi, seperti Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi," kata Ketua Panitia Syarifuddin Arifin di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan selama kegiatan itu nantinya akan diisi dengan symposium, diskusi seni budaya, peluncuran buku, musikalisasi puisi serta pembacaan sajak.

Kegiatan ini akan diikuti oleh akademisi, guru, mahasiswa, aktivis kesenian, sastrawan, penyair serta beberapa pajabat terkait yang berasal dari Malaysia, Singapura dan Indonesia.

"Selain itu juga akan diadakan orasi budaya di beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Padang, seperti UNP, UIN Imam Bonjol dan Universitas Bung Hatta," ujarnya.

Pada 2 November nanti yang akan memberikan orasi adalah Rektor/Naib Consuler University Sultan Azlan Shah (USAS) Perak, Malaysia, Tan Sri Prof Dr. Nordin Kardi.

"Pada tanggal tersebut Tan Sri diagendakan memberikan orasi tentang Perkembangan Pemikiran Budaya Melayu ditinjau dari ajaran Islam di Fakultas Bahasa dan Seni UNP," katanya.

Ia menambahkan pada Jumat (3/11) akan dilanjutkan orasi di Universitas Bung Hatta dan UIN Imam Bonjol Padang.

Dalam kesempatan tersebut yang akan berbicara adalah Dato' Nasharudin Hashim (ADUN, Timbalan speaker DUN Perak), Shamsudin Osman (Presiden PAKSI), dan Yassin Salleh (Presiden ZK). (*)

Pewarta : Syahrul Rahmat
Editor :
Copyright © ANTARA 2024