Padang Panjang, (Antara) - Kementerian Agama Kota Padang Panjang mencatat, seluruh calon haji asal Kota Padang Panjang, Sumatera Barat telah melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) 2015.

        "Calon haji yang dipastikan berangkat ke tanah suci termasuk cadangan tahun ini sudah melunasi ONH," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Padang Panjang, Syaiful Arifin, di Padang Panjang, Rabu.

        Dia mentatakan, calon haji yang sudah pasti berangkat ke tanah suci berjumlah 128 orang dan cadangan sebanyak 16 orang.

        "Calon haji itu sudah melunasi ONH sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh pihak penyelenggara haji," ujarnya.

        Untuk kepastian jumlah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci dari Padang Panjang setelah penuhnya kuota di Sumbar.

        "Kepastian jumlah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci, termasuk di posisi cadangan akan ditetapkan Minggu ini," katanya.

        Sebelumnya Kemenag Padang Panjang menjadwalkan dua tahap bagi calon haji dalam melunasi ONH. "Tahap pertama Juni dan tahap dua Juli 2015," sebutnya.

        Dia mengatakan jadwal pelunasan bagi calon haji tersebut sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan penyelenggara haji tingkat provinsi.

        Biaya keberangkatan haji yang akan dilunasi oleh masyarakat tersebut kata dia, berjumlah sekitar Rp34 juta lebih untuk satu orang, tergantung dari harga mata uang dolar.

        "Kalau dolar turun, maka biayanya juga mengalami penurunan dan demikian sebaliknya," sebutnya.

        Salah seorang calon haji asal Padang Panjang Fatimah Zahra mengatakan akan melalui tahapan pelaksanaan haji tersebut sesuai dengan aturan yang ada dengan senang hati.

        "Kami akan lalui tahapan itu sesuai dengan aturan yang ada, karena juga akan mempermudah proses keberangkatan," ujarnya. (*)

Pewarta : Zulham Beni Kusuma
Editor :
Copyright © ANTARA 2024