Aceh berhasil amankan medali perunggu pada final perahu naga PON XXI

id Traditional boat race, perahu naga, pon xxi, pon aceh sumut

Aceh berhasil amankan medali perunggu pada final perahu naga PON XXI

Logo Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatra Utara pada 8-20 September 2024. (ANTARA/HO)

Aceh Besar (ANTARA) - Tuan rumah Aceh berhasil mengamankan medali perunggu dari cabang olahraga dayung traditional boat race atau perahu naga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu.

Memulai dari lajur dua, tim beregu tuan rumah yang turun di nomor 12 crew putra 1.000 meter berhasil finis dengan catatan waktu 3 menit 43,895 detik. Tim putra Aceh kalah tipis dari tim Sulawesi Tenggara di posisi kedua usai finis 3 menit 43,025 detik.

Sementara di peringkat pertama sekaligus peraih medali emas diamankan oleh tim perahu naga Jawa Barat. Atlet Bumi Pasundan menjadi yang tercepat usai finis dengan membukukan waktu 3 menit 42,407 detik di depan lawan-lawannya.

Dengan tambahan satu medali perunggu tersebut Aceh saat ini telah mengoleksi tiga medali. Rinciannya satu emas, satu perak dan satu medali perunggu. Sementara, kontingen Jawa Barat semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan perolehan 19 medali emas.

Pada pertandingan perahu naga nomor 12 crew putra 1.000 meter tersebut tim DKI Jakarta hanya mampu finis di urutan keempat dengan waktu 3 menit 44,285 detik. Kemudian di tempat kelima atlet beregu Kalimantan Timur finis 3 menit 47,612 detik. Kemudian di posisi terakhir, pedayung beregu Kalimantan Tengah finis dengan catatan waktu 4 menit 36,497 detik.

Terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia atau PB PODSI Brata Tryana Hardjosubroto mengatakan secara keseluruhan cabang olahraga dayung memperebutkan 45 medali emas.

Rinciannya 12 emas di nomor canoeing, 15 di nomor rowing, sembilan emas pada nomor traditional boat race, dua medali emas pada nomor stand up paddle, empat emas di nomor kano slalom serta tiga emas di nomor rowing beach sprint.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aceh berhasil amankan medali perunggu pada final perahu naga PON XXI