KPU Pasaman Barat siapkan gudang logistik Pilkada 2024

id Persiapan gudang logistik pilkada

KPU Pasaman Barat siapkan gudang logistik Pilkada 2024

Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin (tiga dari kanan) dan Kabag Ops Polres Pasaman Barat Kompol Muzhendra dan Bawaslu saat membersihkan gudang logistik pemilu untuk digunakan penyimpanan logistik Pilkada 2024, Jumat (13/9/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyiapkan gudang penyimpanan logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024.

"Hari ini gudang logistik Pemilu Februari 2024 lalu di Katimaha Kecamatan Pasaman mulai kita kosongkan karena gudang ini disiapkan untuk logistik Pilkada 2024," kata Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin di Simpang Empat, Jumat.

Menurutnya logistik pemilu sebelumnya itu dimasukkan ke dalam karung dan plastik dan disimpan di lantai bawah gudang logistik pilkada.

"Terhadap logistik pemilu itu kita masih menunggu petunjuk dari KPU RI apakah disimpan atau dimusnahkan," katanya.

Setelah itu, pihaknya akan menyortir logistik itu mana yang arsip dan mana yang tidak.

Ia mengatakan pembersihan gudang logistik itu sesuai petunjuk dari KPU RI agar menyiapkan gudang logistik Pilkada 2024 segera mungkin.

"Direncanakan gudang logistik untuk Pilkada 2024 akan dipusatkan di daerah Katimaha Kecamatan Pasaman yang berjarak sekitar 600 meter dari Bundaran Simpang Empat," katanya.

Pembersihan gudang logistik itu juga dihadiri oleh Kepala Bagian Ops Polres Pasaman Barat Kompol Muzhendra dan Ketua Bawaslu Wanhar beserta jajaran.

Saat ini KPU Pasaman Barat selain menyiapkan gudang logistik, juga melakukan tahapan pelaksanaan pilkada.

Sejumlah tahapan telah dilaksanakan seperti penetapan daftar pemilih sementara (DPS), pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, tes kesehatan, pleno daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), dan verifikasi faktual berkas persyaratan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Pada Pilkada 2024 Pasaman Barat diikuti oleh empat pasangan bakal calon. Keempat bakal pasangan calon yang mendaftar adalah Yulianto-M Ihpan yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Lalu pasangan Daliyus K-Heri Miheldi dari Partai Gerindra, PPP, Hanura dan Partai Ummat. Kemudian Hamsuardi-Kusnadi dari Golkar, PAN dan PKB serta Tuanku Jailani-Syamsul Bahri dari Partai Nasdem dan PDIP.