Wartawan ANTARA ketuai BPC 2024-2027

id Wartawan ANTARA,Wartawan dari Bukittinggi Press Club,LKBN ANTARA

Wartawan ANTARA ketuai BPC 2024-2027

Wartawan dari Bukittinggi Press Club (BPC) saat proses pemilihan ketua baru. Jurnalis dari LKBN ANTARA terpilih menjadi ketua masa bakti 2024-2027 (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Komunitas wartawan Bukittinggi Press Club (BPC), menggelar rapat pemilihan kepengurusan baru 2024-2027 pada Rabu (11/9) malam. Pemilihan berlangsung sengit dengan slogan "Jangan Pilih Saya".

Wartawan dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA, Abdul Fatah yang biasa dipanggil Al Fatah akhirnya terpilih memimpin BPC yang dikenal sebagai markas dan persinggahan wartawan aktif di Sumatera Barat.

Fenomena diskusi saat proses pemilihan menghangat karena lima calon yang muncul dalam musyawarah besar tiga tahunan itu, terlihat saling tolak dan menunjuk satu sama lainnya untuk menjadi ketua.

Nama-nama yang dimajukan sebagai calon selain Al Fatah adalah ketua sebelumnya dari wartawan Klikpositif Katasumbar Haswandi, Kontributor MNC Wahyu Sikumbang, Kontributor TvOne Donal Chaniago dan jurnalis dari Sumbarkita Mardi Wardi.

"Jangan pilih saya, karena saya masih dalam proses pengobatan. Kondisi kesehatan meragukan kemampuan memimpin BPC," kata Haswandi.

"Saya juga jangan dipilih. Saya tidak bersedia karena masih mobile luar kota, khawatir tidak terurus organisasi," kata Donal.

"Saya punya beban tanggung jawab yang tidak sedikit sebagai tokoh adat. Harus mengurus anak kemenakan juga," kata Al Fatah menolak.

"Saya hanya mau jadi wakil ketua. Jangan pilih untuk ketua," ujar Wahyu.

"Saya banyak kesibukan lain di luar mengurus newsroom dan agenda persidangan," kata Mardi Ward menegaskan penolakannya.

Namun semua alasan penolakan seluruh calon dibantahkan oleh 14 anggota BPC yang hadir dan memiliki hak memilih.

Dari hasil pemilihan yang berlangsung pemungutan suara tersebut, Al Fatah terpilih dengan suara terbanyak dengan 10 suara.

"Saat ini saya langsung memilih wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Mohon bantuan seluruh anggota agar BPC terus berkontribusi dalam pemberitaan independen ke depannya," kata Al Fatah.

Selanjutnya, di tangannya diharapkan BPC akan lebih baik dan profesional lagi dalam mewadahi sejumlah jurnalis aktif yang bertugas di Bukittinggi.

"Terima kasih kepada Haswandi, ketua sebelumnya saya akan melanjutkan program tepat sasaran yang selama ini sudah berjalan di ruang lingkup jurnalis BPC," pungkasnya.

Di antara jurnalis media yang tergabung sebagai anggota aktif di BPC saat ini adalah LKBN ANTARA, MNC Grup, TvOne, RRI, SCTV, Indosiar, Metro TV, Singgalang, Haluan, Rakyat Sumbar, Klikpositif, Katasumbar, Sumbarkita dan Mimbar Sumbar.