Bupati Agam dukung Gernas 10 juta bendera merah putih

id Bupati Agam Andri Warman,berita agam,berita sumbar

Bupati Agam dukung Gernas 10 juta bendera merah putih

Bupati Agam Andri Warman sedang membagikan bendera kepada wali nagari atau kepala desa. Dok HO/Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Warman Warman membagikan bendera merah putih bentuk dukungan untuk menyukseskan gerakan nasional pembagian bendera 10 juta lembar ke masyarakat dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 tahun dan peringatan 31 tahun Lubuk Basung sebagai ibukota kabupaten itu.

Bupati Agam menyerahkan bendera secara simbolis kepada perwakilan pemerintah nagari, Forkopimca dan masyarakat, Jumat (19/7). Pembagian bendera ini akan berlanjut dengan serangkaian kegiatan di lapangan bersama unsur Forkopimda Agam yang dimotori Badan Kesbangpol Agam.

"Gerakan 10 juta lembar bendera merah putih ini merupakan bagian dari gerakan nasional," kata Andri Warman di Lubuk Basung, Jumat.

Ia mengatakan program itu menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.1.1/2152/SJ Tanggal 8 Mei 2024 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 202.

Kemendagri melalui Ditjen Politik dan PUM akan melaksanakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih mulai 1 Juni hingga 17 Agustus 2024.

"Dengan adanya gerakan ini, diharapkan semangat persatuan dan kesatuan semakin kuat di tengah masyarakat kita," katanya.

Ia menambahkan gerakan itu bertujuan untuk mempersatukan masyarakat Indonesia melalui identitas, simbol, dan alat pemersatu yaitu bendera merah putih.

Bendera merah putih akan dikibarkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

"Pentingnya bendera merah putih sebagai simbol persatuan dan identitas bangsa," katanya.

Bupati Agam menekankan bahwa Kabupaten Agam turut mendukung gerakan nasional tersebut.

Untuk mendukung gerakan 10 juta bendera merah putih tingkat nasional, Agam mencanangkan hal itu bersama seluruh elemen yang ada di Kabupaten Agam.

"Bendera merah putih yang sudah dibagikan nantinya dapat dipasang untuk menyemarakkan peringatan dan perayaan HUT RI ke-79 tahun," katanya.