Pemkot Bukittinggi gelar Anugerah Duta Genre 2024 hindarkan remaja perilaku negatif

id Pemkot Bukittinggi ,Wali Kota Bukittinggi Erman Safar

Pemkot Bukittinggi gelar Anugerah Duta Genre 2024 hindarkan remaja perilaku negatif

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dalam kegiatan Malam Anugerah Duta Genre 2024 (Antara/HO-Pemkot Bukittinggi)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menggelar pemilihan Duta GenRe tahun 2024 di Stasiun Lambuang Bukittinggi, Sabtu (15/6) malam.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, kegiatan duta GenRe (Generasi Berencana) ini merupakan kegiatan yang sangat tepat bagi generasi muda menghindari perilaku negatif.

"Dengan terbentuknya duta Genre Kota Bukittinggi ini nantinya bisa menjadi motivator untuk menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku negatif seperti sex bebas atau LGBT," kata Erman.

Hal itu juga untuk menghindari reaiko pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang atau narkoba serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS.

"Sehingga nantinya mampu menciptakan generasi emas yang secara tidak langsung dapat menekan kasus stunting," kata Erman.

Kepala DP3APPKB Bukittinggi, Nauli Handayani, menjelaskan, Program GenRe merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter.

"Dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan di bawah umur, penyimpangan seksual dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa," kata dia.

Nauli menyebut pemilihan Duta GenRe 2024 diikuti oleh 72 peserta. Setelah seleksi administrasi, dijaring 63 peserta yang memenuhi syarat.

"Kemudian mereka yang lulus ikuti tes tulis pada tanggal 3 Februari 2024 dan menyisakan 43 peserta, untuk selanjutnya mengikuti tes psikotes dan wawancara tanggal 20 Februari 2024 dan menyisakan 20 orang yang menjadi Finalis," pungkasnya.