Bank Nagari salurkan sapi kurban dilingkungan dan daerah terdampak bencana

id Bank Nagari, sebar sapi kurban, daerah bencana

Bank Nagari salurkan sapi kurban dilingkungan dan daerah terdampak bencana

Penyerahan sapi kurban secara simbolis dari Pjs Dirut Bank Nagari kepada Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar Al Amin. (ANTARA/HO-BN)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari kembali menyalurkan sebanyak 12 ekor sapi kurban ke masjid, mushalla lingkungan perusahaan dan ke daerah yang terdampak bencana alam di Sumatera Barat, pada Idul Adha 1445 Hijriah.

Penyerahan sapi kurban dalam program "Bank Nagari Berkurban" secara simbolis berlangsung di Kantor Bank Nagari Jalan Pemuda pada 15 Juni 2024.

Kegiatan ini dihadiri antara lain sejumlah Pemimpin Divisi Bank Nagari, Kepala Biro Kesra Sekretariat Provinsi Sumbar Al Amin, Ketua PWI Sumbar terpilih Widya Navies dan sejumlah pengurus masjid yang menerima sapi kurban Bank Nagari.

Guna terdistribusi daging sapi kurban tersebut, Bank Nagari menyalurkan selain ke tempat ibadah dekat kantor pusat dan Pengambiran, juga ke lembaga seperti PWI dan PMI Sumbar.

Sedangkan untuk distribusi ke daerah-daerah terpencil dan terdampak bencana alam di Sumbar disalurkan melalui Pemprov Sumbar.

Dari data penyaluran bantuan hewan kurban Bank Nagari, berikut rincian 12 ekor sapi kurban tersebut, meliputi empat ekor sapi untuk empat masjid sekitar Bank Nagari Kantor Pusat dan Pengambiran.

Kemudian sebanyak lima ekor sapi untuk daerah terpencil dan terdampak bencana alam di Sumbar, disalurkan melalui Pemprov. Kemudian satu ekor sapi disalurkan ke PWI Sumbar dan satu ekor sapi disalurkan ke PDAM Kota Padang, dan satu ekor ke PMI Sumbar.

Pjs Direktur Utama Bank Nagari Gusti Candra saat sambutan menyampaikan, setiap tahun menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat Sumatera Barat.

Tahun ini Bank Nagari kembali menyalurkan hewan kurban yang berasal dari seluruh pegawai termasuk jajaran direksi yang menyisihkan sebagian penghasilannya.

Penyaluran sapi kurban ini, kata Gusti sebagai bentuk kepedulian sosial dan berbagi serta juga dalam rangka saling bersinergisitas dengan pihak-pihak yang selama ini telah berjasa dengan Bank Nagari.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh kantor-kantor cabang dan cabang pembantu Bank Nagari di Sumbar maupun luar Sumbar, tambahnya.

Ia terus mengimbau jajaran komisaris, direksi, pemimpin divisi, pemimpin cabang dan karyawan Bank Nagari untuk terus rutin tiap tahun berkurban.

Terkait, kurban yang dilaksanakan tersebut tidak akan mengurangi rezeki, tapi malah mendapatkan suatu keuntungan.

"Kita yakin di kantor cabang dan cabang pembantu Bank Nagari pasti mempunyai lingkungan yang butuh perhatian. Jika semua orang mendoakan kebaikan kita, InshaAllah Bank Nagari dijauhkan dari bala, dimudahkan rezeki dan keuntungannya, pengurusnya serta karyawannya," tutur Gusti Candra.

Tabungan Sikoci Qurban

Dalam kesempatan itu, sebut Gusti, apalagi Bank Nagari telah memiliki sebuah produk tabungan Sikoci Qurban.

Produk itu diperuntukkan bagi nasabah yang ingin melaksanakan ibadah kurban. Tabungan dapat dicairkan apabila sampai dengan masa kurban dan jumlah nilai kurban seharga satu ekor kambing/seekor sapi atau sesuai harga kurban yang berlaku saat itu.

Kelompok/komunitas/instansi/keluarga/sekolah atau institusi/organisasi permasyarakatan lainnya untuk nasabah warga Negara Indonesia, dengan setoran awal Rp100 ribu dan setoran selanjutnya minimal Rp50 ribu.

Keuntungan Sikoci Qurban, nasabah bebas biaya administrasi, dapat menggunakan akad Mudharabah (bagi hasil) atau Wadiah (titipan), serta dilayani di seluruh jaringan kantor Bank Nagari (Konvensional dan Syariah).

Kepala Biro Kesra Setprov Sumbar Al Amin mengapresiasi Bank Nagari telah berkurban sebanyak 12 ekor sapi. Setiap tahun bank kebanggaan Sumbar ini menyalurkan kurbannya ke masyarakat Sumbar.

"Alhamdulillah kita di Pemprov Sumbar juga mengumpulkan kurban dari seluruh aparatur sipil negara (ASN). Kurban ASN kita tahun ini sebanyak 65 ekor sapi. Ditambah lima ekor sapi dari Bank Nagari, kemudian dari Askrida dan Jamkrida. Jadi keseluruhannya 73 ekor sapi," ungkapnya.

Ia menyebutkan dalam penyaluran hewan kurban ini diprioritaskan untuk daerah bencana di Sumbar yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Padangpanjang serta Kabupaten Pesisir Selatan. Diserahkan langsung berupa sapi.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar Widya Navies menyatakan apresiasinya kepada managemen Bank Nagari yang setiap tahun menyalurkan hewan kurban melalui PWI Sumbar. "Terima kasih Bank Nagari," katanya.

Menurutnya, hewan kurban itu dan tiga hewan kurban dari tiga lembaga lain yang diterima PWI Sumbar juga akan disalurkan Kembali kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan PWI Sumbar.*