Pemkot Solok upayakan program bedah rumah untuk 1.350 RTLH

id Pemkot Solok, upayakan program, bedah rumah, untuk 1.350 RTLH

Pemkot Solok upayakan program bedah rumah untuk 1.350 RTLH

Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra saat membantu memperbaiki rumah warga yang rusak. ANTARA/HO-Diskominfo Solok

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat mengupayakan program bedah rumah dan rehab rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk 1.350 rumah tidak layak huni (RTLH) di kota itu.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Sabtu, mengatakan program bedah rumah tersebut untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan rumah yang layak huni.

“Saat ini, jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Solok ada lebih kurang 1.350 unit," ujar dia.

Tentunya, kata dia, kondisi rumah warga tersebut akan berdampak terhadap berbagai sektor lainnya, terutama terkait peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Terkait hal itu, pihaknya sudah menyerahkan proposal kepada Dirjen Perumahan dan Kementerian PUPR. Selain bedah rumah, juga ada rencana pembangunan tower baru Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kota Solok.

Pihaknya juga telah mengusulkan pembangunan rusunawa kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pengajuan pembangunan rusunawa itu untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa menempati hunian murah.

Selain itu, rencana lokasi pembangunannya bersebelahan dengan tower rusunawa MBR yang ada sekarang yaitu di pinggir jalan lingkar utara di Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok.

Wali Kota Solok juga berharap kepada Dirjen Perumahan terkait sinkronisasi program kementerian dan sharing ide upaya pengelolaan rusunawa dalam pemberdayaan penghuni melalui program kementerian/lembaga lain terhadap para penghuni.

“Kita juga mengharapkan nantinya ada program-program peningkatan keterampilan bagi penghuni rusunawa agar nantinya menjadi individu yang mampu dan bisa keluar dari kesulitan hidup dan hunian masyarakat berpenghasilan rendah,” ucapnya.