Mudik aman, berikut tips dari PLN Sumbar

id PLN, tips mudik aman, pln mobile

Mudik aman, berikut tips dari PLN Sumbar

GM PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Jelang mudik libur lebaran Idul Fitri 1445 H, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan agar tetep fit merayakan lebaran Idul Fitri 1445H.

Tidak hanya itu, PLN juga mengajak masyarakat untuk menikmati liburan dengan nyaman, salah satunya dengan meninggalkan rumah dalam kondisi aman sebelum ditinggal mudik.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menyampaikan, PLN memastikan listrik tetap andal dan cukup selama libur lebaran, sehingga masyarakat bisa beribadah dengan khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Selain itu, Eric menghimbau agar pelanggan juga turut memastikan rumah dan lingkungan sekitarnya dalam keadaan aman sehingga dapat bersama-sama menghindari potensi bahaya listrik selama libur panjang lebaran Idul Fitri 1445 H.

Berikut beberapa tips bagi masyarakat yang akan melakukan mudik sehingga listrik di rumah dapat tetap aman. Pertama, pastikan seluruh perlengkapan elektronik yang tidak digunakan selama rumah ditinggal mudik sudah tercabut atau tidak tersambung dari arus listrik. Termasuk mencabut terminal listrik yang tidak perlu.

Kedua, pastikan instalasi di rumah dalam keadaan baik. Jika diperlukan, pelanggan dapat memanggil instalatir untuk melakukan pemeriksaan sebelum mudik. Ketiga, nyalakan lampu penerang pada teras dan halaman rumah atau bangunan untuk menghindari pencuri atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi pelanggan prabayar, PLN mengimbau agar pelanggan melakukan penambahan token listrik pada meteran prabayar sebelum melakukan perjalanan mudik. Sehingga menghindari lampu padam saat rumah kosong ditinggal mudik.

Sementara untuk pelanggan pascabayar, PLN mengimbau agar pelanggan memastikan tagihan listrik telah lunas terlebih dahulu.

‘’Harapannya pelanggan yang mudik ke luar Sumbar ataupun menuju Sumbar dapat menikmati listrik dengan nyaman selama berkumpul dengan keluarga. Untuk itu kami mengimbau pelanggan memastikan rekening listrik sebelum mudik, sehingga terhindar dari pemutusan,’’ terang Eric.

Untuk kemudahan layanan kelistrikan selama mudik, pelanggan dapat berinteraksi dengan PLN melalui Aplikasi PLN Mobile. PLN Mobile siap menjawab berbagai kebutuhan kelistrikan sebelum atau saat mudik.

Melalui PLN Mobile, sampai Eric, masyarakat bisa lebih mudah mengakses layanan kelistrikan dimana saja dan kapan saja. Pembelian token, pembayaran tagihan listrik, pengajuan pasang baru, pengajuan tambah daya kini pun dapat diakses di PLN Mobile.

‘’Jika nanti selama libur lebaran terdapat gangguan atau menemukan hal-hal ayng harus ditindak cepat petugas PLN, silahkan Bapak Ibu pelanggan sampaikan pula melalui PLN Mobile. Petugas kami akan turun ke lokasi, menundaklanjuti dengan cepat,’’ sampai Eric kemudian.

Eric berharap, layanan dan kemudahan yang diberikan oleh PLN dapat membuat masyarakat dapat menikmati mudik dengan nyaman dan tenang. ‘’Mari bekerjasama untuk listrik yang aman dengan menjaga listrik di dalam rumah tetap aman. Untuk info dan layanan kelistrikan lebih lanjut, jangan ragu untuk menggunakan PLN Mobile,” lanjutnya mengakhiri.*