Sekda Provinsi Sumbar : Pemekaran nagari capaian Pasaman Barat

id Apresiasi pemekaram nagari dari provinsi

Sekda Provinsi Sumbar : Pemekaran nagari capaian Pasaman Barat

Sidang paripurna istimewa DPRD Pasaman Barat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  ke-20 di Simpang Empat, Minggu (7/1/2024). Antara/Altas Maulana.  ​​​​​​​

Simpang Empat,- (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri mengatakan Kabupaten Pasaman Barat yang berhasil memekarkan nagari (desa) dari 19 nagari menjadi 90 nagari merupakan sebuah capaian.

"Salah satu capaian luar biasa itu, yakni tentang pemekaran nagari. Pengawasan tetap harus dilakukan untuk pemekaran nagari ini sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap terwujud," katanya saat sidang paripurna istimewa DPRD Pasaman Barat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun daerah itu di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan karena keterbatasan anggaran pihaknya juga meminta kepada daerah agar kreatif dan inovatif dalam melakukan pembangunan.

Salah satunya dengan kerja pihak ketiga, menjadi peluang pembangunan di berbagai sektor.

"Karena sektor pertanian dan perikanan bagus di Pasaman Barat ini. Misalnya kita mengolah minyak goreng dari sawit itu, sehingga hilirisasi itu jelas," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar tetap menjaga kepatuhan atau netralitas ASN dan menjaga situasi kondusif di Pemilu 2024. Karena saat ini Pasaman Barat termasuk daerah yang rawan pelanggaran.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan bahwa tema HUT saat ini adalah Pasaman Barat beriman, berprestasi dan maju yang menggambarkan perwujudan berakhlak karimah.

Sehingga terwujud Pasaman Barat yang maju dan mampu bersaing dengan daerah lainnya di Propinsi Sumbar maupun Indonesia secara umum.

"Pembangunan SDM telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia dari 69,57 pada tahun 2022 menjadi 70,19 pada tahun 2023," katanya.

Pihaknya pada 2024 ini juga akan mengalokasikan anggaran untuk sarana prasarana bidang pendidikan.

Untuk program unggulan Pasaman Barat sehat pada tahun ini masih mengalokasikan anggaran sebesar Rp 45 miliar untuk membiayai premi JKN Kelas III bagi masyarakat kurang mampu.

Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Pasaman Barat telah berhasil melakukan pemekaran pemerintah nagari dari 19 nagari menjadi 90 nagari.

Dana desa Rp97.063.000.000, alokasi dana nagari Rp65.181.120.200, dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah Rp4.007.273.678.

"Melalui momentum Hari jadi Pasaman barat ke-20 ini saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Pasaman Barat mengajak semua tetap bekerja sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan fungsi kita masing-masing untuk mempercepat percepatan pembangunan," ujarnya.