Gubernur-Kapolda Sumbar laporkan situasi kondusif pada Kapolri

id Tahun baru, sumbar

Gubernur-Kapolda Sumbar laporkan situasi kondusif pada Kapolri

Gunernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan sambutan sebelum telekonferensi dengan Kapolri di Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Kapolda Irjen Pol Suharyono melaporkan situasi kondusif saat perayaan pergantian tahun pada Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui telekonferensi.

"Kondisi di Sumbar kondusif saat perayaan Natal 2023 dan pergantian tahun berkat kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan semua pihak," kata Mahyeldi di Mapolda Sumbar, Minggu.

Ia menyebut dalam satu minggu terakhir, terjadi bencana banjir dan tanah longsor pada beberapa titik di berbagai daerah di Sumbar.

Bencana tersebut sempat membuat jalan lintas sumatera Sumbar-Riau di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota putus total selama beberapa jam.

Namun dengan dukungan tim gabungan, material longsor berhasil dibersihkan dan arus lalu lintas bisa kembali lancar. Meski demikian, secara umum situasi Sumbar kondusif tanpa ada laporan konflik yang terjadi.

Dalam kesempatan itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua unsur Forkopimda dan semua pihak atas kolaborasi dan koordinasi yang baik sehingga Sumbar berada dalam situasi yang kondusif.

"Mudah-mudahan tahun 2024 kita bisa hadirkan suasana yang lebih kondusif, aman dan damai. Apalagi 2024 merupakan tahun politik dan digelarnya pesta demokrasi," katanya.

Sementara itu Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono menyebut, zoom dengan Kapolri rencananya digelar di pos pengamanan Danau Cimpago. Namun karena hujan, dipindahkan ke Mapolda.

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah bekerjasama satu tahun terakhir sehingga situasi di Sumbar tetap kondusif.

Ia menyebut pihaknya menurunkan 2.139 personel untuk mengamankan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Laporan kepada Kapolri tersebut dilakukan menjelang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar meninjau sejumlah pos pengamanan Tahun Baru 2024 di Padang.*