Khairunas: regrouping sekolah amanat peraturan

id Bupati Kabupaten Solok Selatan,Khairunas ,berita solsel,berita sumbar

Khairunas: regrouping sekolah amanat peraturan

Bupati Solok Selatan Khairunas saat membuka seminar pendidikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, di Padang Aro, Rabu. Antara/HO/Kominfo

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Kabupaten Solok Selatan, Khairunas mengatakan penyatuan kelembagaan sekolah atau regrouping merupakan amanat dari regulasi yang harus diikuti.

"Pemerintah Daerah bertugas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan siswa berprestasi sedangkan untuk regrouping sudah amanat undang-undang," katanya saat Seminar Pendidikan dalam rangka Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu.

Dia menyebutkan, Regrouping beberapa sekolah bukanlah keinginan Dinas Pendidikan atau Pemerintah Kabupaten, tapi sudah merupakan bagian dari regulasi yang harus dilaksanakan karena jumlah peserta didik yang tidak mencukupi.

Namun demikian, lanjutnya, tugas pemerintah kabupaten saat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Solok Selatan.

Tugas ini membutuhkan dukungan yang berkelanjutan dari seluruh guru di Solok Selatan untuk terus berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya.

Menurut Bupati, guru maupun kepala sekolah merupakan pemegang kunci utama dalam penyelenggaraan proses pendidikan, maka guru harus meningkatkan kinerjanya agar dapat juga meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kualitas pendidikan merupakan bagian terpenting untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu menciptakan murid yang berkualitas," ujarnya.

Walaupun telah terjadi perkembangan teknologi yang berdampak pada terjadinya pergeseran dalam proses pembelajaran katanya, namun peran guru secara utuh sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan orang tua di sekolah tidak akan dapat digantikan sepenuhnya oleh kecanggihan teknologi tersebut.

Untuk itu diingatkan agar guru terus berupaya untuk terus meningkatkan kompetensinya dengan memanfaatkan teknologi tersebut.