Bupati Tanah Datar: Transformasi digital kearsipan ciptakan efisiensi

id Srikandi, tanah datar,Tanah Datar,Payakumbuh,Sumbar,Sumatera Barar,Padang,Arsi[,Digital,Digita;iasi,terdigtalisasi,Dokum

Bupati Tanah Datar: Transformasi digital kearsipan ciptakan efisiensi

Peluncuran aplikasi Srikandi di Tanah Datar. (ANTARA/HO-Pemkab Tanah Datar).

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Sumatera Barat Eka Putra menilai transformasi digital di bidang kearsipan penting dilakukan untuk menjaga tertib administrasi yang lebih efisien dan aman.

"Saat ini transformasi digital sudah menjadi tuntutan termasuk untuk bidang kearsipan. Ini penting untuk menjaga tertib administrasi yang efisien," katanya di Batusangkar, Jumat.

Menurutnya tertib administrasi yang efisien akan memberikan rasa aman terhadap pelaksana kegiatan. Jika nantinya terjadi persoalan hukum atau pemeriksaan, kelengkapan administrasi akan sangat membantu.

"Sistem administrasi yang telah terdigitalisasi dan efisien juga akan mendorong pelayanan yang lebih cepat bagi masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang telah diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar merupakan salah satu inovasi penting yang bisa memenuhi tuntutan akan digitalisasi kearsipan tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar dr Ermon Reflin dalam laporannya menyampaikan, aplikasi Srikandi bertujuan untuk menerapkan keseragaman di dalam pengelolaan arsip di seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Pemda Tanah Datar.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya telah memberikan pelatihan kepada para admin aplikasi Srikandi se-Tanah Datar sebagai upaya agar aplikasi berjalan maksimal.

"Kita berharap ke depan, aplikasi ini bisa memenuhi kebutuhan terhadap pengelolaan kearsipan yang lebih tertib dan efisien," katanya.