Ratusan peserta antusias ikuti BPKH hajj run dan fan walk

id BPKH,BPKH Hajj run 2023,Berita tanah datar,Berita sumbar

Ratusan peserta antusias ikuti BPKH hajj run dan fan walk

Ratusan peserta antusias ikuti BPKH hajj run dan fan walk (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Diawali ye-yel "BPKH Hajj run 2023, Sumpah Pemuda Haji Muda" ratusan peserta dari berbagai daerah di Sumatera Barat tampak antusias ikuti jalan sehat "Hajj Run dan Fun Walk" yang dilaksanakan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH).

Acara tersebut dilaksanakan di komplek taman wisata Tanjung Mutiara, Nagari (Desa) Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar dan dilepas oleh Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander pada Sabtu, (28/10).

Salah seorang peserta Hajj Run dan Fun Walk asal Padang Fitri, di Batu Taba mengatakan Hajj Run dan Fun Walk merupakan kegiatan yang sangat positif terutama bagi generasi muda di Sumatera Barat.

Menurutnya, selain berolahraga acara tersebut baik dalam meningkatkan minat dan kesadaran betapa pentingnya menabung sejak usia dini dan haji diusia muda.

"Saya apresiasi karena acaranya sangat positif. Selain berolahraga kita mendapatkan semacam pembekalanlah terkait istitohan haji, tentu hadiahnya juga menarik," kata dia.

Dia berharap acara tersebut dilaksanakan tidak kali ini saja di Sumatera Barat tapi berulang-ulang untuk kedepannya dengan tempat yang berbeda.

Sementara Yendra, warga Batusangkar mengatakan, dirinya mengikuti Hajj Run dan Fun Walk karena memang hobi olahraga lari.

Namun kata dia, bedanya acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Haji sekaligus sosialisasi terkait dengan ke istitohan haji bagi calon haji.

Sementara Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander saat melepas Hajj Run dan Fun Walk mengatakan acara tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

Kegiatan "Hajj Run dan Fun Walk" itu merupakan komitmen BPKH untuk mensosialisasikan terkait Istithaah kesehatan jamaah haji ini.

"Semoga larinya sehat, dan kita istitohan kesehatan bisa berangkat berangkat haji," kata dia.

Harry mengatakan, untuk fun falk peserta akan menempuh jarak sekitar 3,5 kilo meter, sedangkan fun run, peserta akan menempuh jarak lima kilo meter dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finish di tempat yang sama dan untuk 200 pelari yang sampai finish pertama akan mendapatkan medali.