FISIP Universitas Andalas tuan rumah Konferensi IAPA 2023

id IAPA, birokrasi, Unand

FISIP Universitas Andalas tuan rumah Konferensi IAPA 2023

Penyelenggaraan FISIP UNAND tuan rumah Konferensi IAPA 2023. (Antara/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Departemen Ilmu Administrasi Publik Fisip Universitas Andalas (UNAND) Sumatera Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi Indonesian Association for Public Administration (IAPA 2023) 26 hingga 27 Oktober 2023.

Mengusung tema "New Public Governance: Reflection on Administration Science" yang merupakan kegiatan tahunan dan penting yang selalu ditunggu para akademisi, praktisi, mahasiswa Ilmu Administrasi Publik skala nasional maupun internasional.

Ketua Pelaksana IAPA 2023 Dr. Hendri Koeswara menekankan pentingnya ilmu administrasi publik untuk dapat membantu dalam menentukan kebijakan publik dan reformasi birokrasi.

IAPA merupakan kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bertujuan untuk merancang peta jalan reformasi birokrasi.

"Hal ini dikarenakan ilmu administrasi publik merupakan ilmu yang begitu dekat isu publik serta birokrasi," tutur Hendri.

Lebih lanjut, ia menyampaikan IAPA tahun ini diawali workshop dan diskusi yang memberikan kesempatan bagi para praktisi, dosen dan peserta untuk berbagi pandangan mengenai tantangan dan inovasi dalam kebijakan publik dan birokrasi.

Selain itu, IAPA 2023 juga menghadirkan para penulis jurnal ahli melalui kegiatan Meet and Greet with Journal Editor. Hal ini merupakan kesempatan istimewa bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan para penulis profesional.

Kegiatan itu dihadiri langsung Jesse William Campbell, Ph.D (Editor Jurnal Studi Kebijakan Korea/Universitas Nasional Incheon), Dr. Mary Mangai (Universitas Pretoria), dan Dr. Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T. (Universitas Andalas). Selain workshop dan Meet and Greet, IAPA 2023 juga menghadirkan talkshow yang membahas isu-isu kebijakan publik dan birokrasi.

Menurutnya, talkshow ini merupakan forum penting bagi peserta untuk memperdalam pemahamannya mengenai perkembangan kebijakan publik dan birokrasi. Dengan menghadirkan pembicara yang berpengalaman seperti Bupati Agam, Bupati Tanah Datar, dan Walikota Padang Panjang periode 2018-2023.