Presiden Joko Widodo resmikan bandara terluar di Mentawai

id Presiden, mentawai

Presiden Joko Widodo resmikan bandara terluar di Mentawai

Tangkapan layar siaran langsung akun youtube Sekretariat Presiden. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Mentawai, Sumatera Barat, yang merupakan salah satu bandara yang berada di daerah terluar Indonesia.

"Bandara ini yang baru ini memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 orang," katanya di Mentawai, Rabu.

Presiden mengatakan bandara tersebut akan menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang hanya memiliki panjang runway 850 x 23 meter dan hanya bisa didarati Cessna Grand Caravan dengan kapasitas 12 orang.

Ia menyebut dengan adanya bandara baru itu diharapkan jumlah kunjungan turis ke Mentawai bisa meningkat terutama pecinta olahraga selancar.

"Mobilitas masyarakat diharapkan juga semakin baik serta sektor pariwisata berkembang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Presiden Joko Widodo menyebut terbukanya akses pada satu daerah akan meningkatkan peluang pengembangan daerah.

Ia juga menyebut telah menyampaikan pesan pada Menteri Perhubungan untuk mengupayakan pesawat ATR bisa mendarat di Mentawai.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Mahyeldi juga meminta Dinas Perhubungan setempat untuk menjalin komunikasi lebih intens dengan maskapai untuk bisa melayani penerbangan Padang-Mentawai.

Menurutnya saat ini sudah ada komunikasi dengan sejumlah maskapai yang memiliki armada pesawat jenis ATR 72-600 tetapi belum ada keputusan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Joko Widodo resmikan bandara terluar di Mentawai