Upacara HUT RI ke 78 di Padang Panjang berjalan lancar

id Upacara HUT RI 78 di Kota Padang Panjang,Walikota Fadly Amran.

Upacara HUT RI ke 78 di Padang Panjang berjalan lancar

Upacara HUT RI ke 78 di Padang Panjang berjalan lancar

Padang Panjang (ANTARA) - Upacara HUT RI 78 di Kota Padang Panjang, dilaksanakan di lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh, Kamis (17/8). Bertindak sebagai inspektur upacara Walikota Fadly Amran. Meskipun diwarnai gerimis namun prosesi upacara berjalan baik dan lancar.

Walikota Fadly Amran, dalam amanat mengatakan kemerdekaan yang dapat dirayakan hari ini harus terus dipertahankan dan diwariskan kepada anak cucu dimasa depan.

"Sejarah mencatat perjuangan dan pengorbanan pahlawan tersebut telah melalui jalan yang penuh liku, hingga akhirnya diproklamirkan pada 17 Agustus 1945," kata dia.

Menurut Fadly, para pendiri bangsa telah menunaikan janji mereka untuk memerdekakan bangsa.

"Hari ini janji kemerdekaan itu ada pada masing-masing jiwa. Bahwa menjadikan bangsa ini terlindungi, sejahtera dan cerdas,” kata Fadly.

Upacara HUT RI kali ini adalah pertama kali dilaksanakan, setelah sebelumnya kegiatan yang sama digelag di halaman Balaikota dan lapangan Anas Karim kantim, dekat pasar kuliner saat ini.

Lokasi yang cukup luas lapangan Khatib Sulaiman, sekaligus memberikan keaempatan kepada masyarakat untuk dapat bersama mengikuti upacara HUT RI kali ini.

Komandan upacara Letda Inf. Niko Desrianto dari Secata B. Laporan komandan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78

Suasana hening peserta upacara dan juga masyarakat saat sirine detik-detik proklamasi dibunyikan yang dilanjutlan dwngan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, AMd.

Angggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) atas nama Nazwina Humairah dari SMAN 1 Padang Panjang, anak pasangan Azizul dan Nining Eka Fitria dipercaya sebagai pembawa Bendera Merah Putih.

Sementara Paskibraka yang bertugas menaikan bendera merah putih Krisman Yohanes Salim sebagai pembentang bendera, Muhammad Reza Fahlevi sebagai pengerek bendera, dan Rizky Adrovi Fadhli sebagai Komandan Kelompok 8.

Hadir pada upacara HUT RI 78, Wakil Wali Kota, Drs Asrul, unsur Forkopimda, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly, Sp.JP, dan undangan lainnya. (*)