DPRD Agam gelar Bimtek bersama Universitas Bung Hatta tingkatkan kapasitas legislator

id DPRD Kabupaten Agam,Berita agam,Berita sumbar

DPRD Agam gelar Bimtek bersama Universitas Bung Hatta tingkatkan kapasitas legislator

Anggota DPRD Agaam mengikuti Bimtek di Hotel ZHM Premiere Padang pada 28-31 Juli 2023. Dok Humas DPRD Agam

Lubukbasung (ANTARA) - DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas da wawasan legislator di Hotel ZHM Premiere Padang pada 28-31 Juli 2023.

Bimtek bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta Padang dengan tema optimalisasi pengawasan DPRD terhadap proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah Daerah.

Sekretaris DPRD Agam, Villa Erdi di Lubuk Basung, Sabtu mengatakan Bimtek ini dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Agam Novi Irwan, Wakil Ketua Marga Indra Putra, Wakil Ketua Irfan Amran bersama seluruh anggota DPRD lainnya. Turut dihadiri Rektor Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni dan Tim Ahli Kementerian Keuangan Asep Agus Hermanto juga menjadi pembicara dalam kegiatan bimbingan teknis tersebut.

"Kegiatan itu berlangsung selama empat hari semenjak 28-31 Juli 2023," katanya.

Ia mengatakan, Bimtek merupakan kegiatan rutin diikuti pimpinan dan anggota DPRD Agam bertujuan untuk meningkatan kapasitas dalam hal menguatkan kinerja dan pendalaman tugas legislatif terutama pada fungsi anggaran.

Sementara Ketua DPRD Agam Novi Irwan mengatakan Bimtek bagi anggota DPRD merupakan kebutuhan yang bertujuan untuk mengoptimalisasi fungsi dan wewenang DPRD.

"Bimtek juga untuk pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD terhadap mekanisme sesuai dengan peraturan yang berlaku," katanya.

Setelah dilaksanakan Bimtek, ia berharap dapat meningkatkan peranan anggota DPRD dalam menata dan merumuskan kebijakan anggaran secara lebih efektif dan efisien.

"Kami berharap seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti dengan seksama dan disiplin sehingga dengan pemberian pembekalan tersebut diharapkan kinerja anggota DPRD Agam dapat lebih baik lagi, sehingga tugas dalam mengawasi pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan kualitas pelayanan publik pun bisa tercapai," katanya.

Rektor Universitas Bung Hatta Padang Prof. Dr. Tafdil Husni menambahkan melalui lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat dapat memberikan penguatan kapasitas terhadap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Agam.