Pemprov Sumbar dukung pengembangan klub voli

id Voli,padang

Pemprov Sumbar dukung pengembangan klub voli

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Meifrizon. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan dukungan terhadap perkembangan olahraga bola voli di daerah itu, salah satunya dengan memberikan dispensasi sewa lapangan di kawasan GOR Agus Salim Padang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon di Padang, Kamis menyebutkan sewa lapangan voli di GOR H. Agus Salim sebenarnya sudah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur nomor 8 tahun 2021.

Sesuai aturan itu, masing-masing lapangan tarif sewanya senilai Rp3,5 juta, total Rp7 juta untuk dua lapangan.

Namun, karena klub menilai harga tersebut agak memberatkan, maka dibuat surat untuk meminta keringanan pada gubernur. Pada akhir 2022, Gubernur Sumbar, Mahyeldi diberikan dispensasi untuk penggunaan lapangan.

Klub cukup membayar Rp1,5 juta untuk dua lapangan. Dengan itu diharapkan dapat meringankan klub untuk memanfaatkan lapangan.

"Sejak 2022 sudah diberikan dispensasi, mereka cukup membayar Rp1,5 juta untuk dua lapangan. Nilai itu sudah jauh di bawah harga yang ditetapkan Pergub,"ujarnya.

Disebutkannya, untuk sewa tersebut Pemprov Sumbar memang tidak membedakan pengguna apakah pelajar atau klub profesional. Karena, bisa jadi, dalam klub ada juga yang berlatih masih pelajar.

"Untuk tarif memang tidak kita bedakan pelajar. Ketika dimanfaatkan ya harus dibayar. Itu bukan untuk kantong pribadi, tapi untuk pendapatan daerah,"ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan pengurus klub voli Padang Adios yang menyewa lapangan voli di komplek Gedung Olahraga (GOR) Agus Salim Padang.

"Kami berterima kasih pada kepedulian Pemprov Sumbar untuk mendukung pengembangan klub voli Padang Adios dengan pemberian dispensasi ini," ujar Komisaris Klub Padang Adios, Jon Abak. *