LDB tempatkan Pesisir Selatan lima besar nasional daerah peduli pendidikan

id Tim Lingkar Belajar Daerah,Berita sumbar,Berita pessel,Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar

LDB tempatkan Pesisir Selatan lima besar nasional daerah peduli pendidikan

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar (baju batik) didampingi Kepala Dinas Pendidikan Salim Muhaimin (baju putih) saat menerima penghargaan dari tim LDB di Jakarta. 

Painan (ANTARA) - Tim Lingkar Belajar Daerah (LBD) dalam penilaiannya menempatkan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sebagai 5 besar tertinggi terkait rencana aktivitas program pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Salim Muhaimin mengungkapkan capaian tersebut disampaikan langsung Ketua LBD Najelaa Shihab pada saat pertemuan forum LBD di Jakarta.

"Ini merupakan sebuah motivasi bagk kami tentunya untuk lebih baik lagi ke depan," ungkap Salim di Painan.

LBD merupakan inisiatif kolaboratif para pemangku kepentingan dalam mendukung dan mendorong pemerataan pendidikan, praktik serta kebijakan pendidikan daerah yang berpihak pada anak.

Adapun prinsip-prinsip yang dijalankan LBD adalah mendorong praktik baik pendidikan yang berbasis kekhasan daerah dan terciptanya kolaborasi antar pihak untuk peningkatan ekosistem pendidikan.

Kemudian berinisiatif dalam mendorong hasil serta capaian pendidikan daerah dan nasional yang pada akhirnya bermuara terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salim melanjutkan dalam penilaiannya tim LDB menyatakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memiliki komitmen yang kuat dalam rangka pemerataan pendidikan dan keberpihakan pada anak.

Salah satu aksi nyata pemerataan dan keberpihakan menurut LDB terlihat jelas dengan adanya Program Nagari Bersekolah (Pronasa) yang baru saja diluncurkan pemerintah kabupaten.

"Mereka menilai komitmen kita tidak hanya di atas kertas semata, tapi sekaligus lahir dalam wujud nyata," terang Saim.

Bahkan ulas Salim LDB berharap dapat terlibat langsung dan berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten dalam membangun dunia pendidikan di Pesisir Selatan melalui sejumlah kegiatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam RPJMD 2021-2026 menjadikan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai isu utama pembangunan, salah satunya melalui bidang pendidikan.

Keberpihakan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sejalan dengan tekad terwujudnya Indonesia Emas pada 2045 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Lebih dari itu berperan aktif mewujudkan cita-cita dan tujuan kemerdekaan bangsa Indonesia yang salah satunya adalah turut mencerdaskan kehidupan bangsa seperti tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Generasi penerus bangsa, khususnya Pesisir Selatan mesti berdaulat dengan limpahan potensi kekayaan alam yang dimiliki. Jangan sampai kelak menjadi penontin di daerah sendiri.

Komitmen tersebut ujar Salim didukung dengan berbagai kebijakan, baik dari sisi anggaran maupun program, bahkan Pesisir Selatan kini telah memiliki sekolah asrama untuk jenjang pendidikan SMP.

"Ya, itu SMP unggul. Sebagian besar dari lulusannya kelak kita harapkan diterima di SMA unggul pula. Ini suda tahun ke dua," sebutnya.