PLN sukses amankan pasokan listrik selama kunjungan kerja Wapres di Sumbar

id PLN, tanpa kedip, Kunker Wapres

PLN sukses amankan pasokan listrik selama kunjungan kerja Wapres di Sumbar

Tim PLN Unit Induk Distribusi (UID) foto bersama Wapres saat kunjungan kerja Wapres di Sumbar. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - PT PLN (Persero) sukses menjaga keandalan pasokan listrik selama kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Hj. Wury Ma’ruf Amin di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, pada Kamis-Jumat (4-5/5) ini.

PLN mempersiapkan dukungan listrik yang cukup , aman dan andal selama kunker Wapres yang beragendakan pertemuan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU ) dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU ) se Sumatera Barat di ZHM Premiere Hotel. , serta menghadiri acara puncak Peringatan Milad Ke-95 Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) di Universitas Negeri Padang .

Dukungan PLN terlihat dalam penjagaan petugas yang standby di lokasi acara dipimpin langsung oleh Senior Manager Distribusi , Anton Sugiarto , Manager UP3 Padang Yusuf Hadiyanto dan Manager Unit Pengatur Distribusi Sumbar Afif Yusri

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan keberhasilan PLN dalam mensukseskan acara dari sisi kelistrikan merupakan wujud komitmen kami mulai dari pemeliharaan preventif pada instalasi listrik PLN , berupa gardu , jaringan , kesiapan personel hingga peralatan pendukung pada instalasi gedung .

“Ini merupakan kerja keras seluruh insan PLN, demi kenyamanan Wapres beserta rombongan selama kunjungan agar dapat menikmati suksesnya rangkaian acara yang sudah diagendakan,” ujar Eric.

Eric menyampaikan sebelumnya personil PLN UID Sumbar telah bergerak mengawal dan memastikan infrastruktur kelistrikan aman pada lokasi-lokasi yang akan dikunjungi Wapres dan rombongan. Tak hanya itu, PLN juga telah membuat dan menerapkan Standing Operation Prosedure (SOP) khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip, serta menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik.

“Adapun titik prioritas yang kami prioritaskan adalah VIP Bandara International Minangkabau, The ZHM Premiere Hotel Padang, serta Lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) mulai dari Ballroom UNP, Hotel UNP, hingga Masjid Al-Azhar UNP yang menjadi lokasi kunjungan kerja,”imbuh Eric lagi.

Guna memastikan kualitas pasokan daya listrik tanpa kedip pemeriksaan intensif dan pemantauan dilapangan juga terus dilakukan mulai memastikan kondisi listrik berjalan lancar dengan back up feeder dan genset di lokasi penginapan Wapres yang berkapasitas 880 kilo Volt Ampere (kVA), serta lingkungan UNP yang mana PLN menyiapkan dua lapis pengaman diantaranya genset PLN 1×72 kVA dan 1×125 kVA, genset UNP 2x800 kVA.

Selain itu PLN juga menyiapkan CCTV di beberapa titik lokasi prioritas kelistrikan guna pemantauan berlapis di lapangan dan pengawasan secara remote (jarak jauh).

PLN Unit Induk Distribusi (UID) sukses mengamankan pasokan listrik selama kunjungan kerja Wapres di Sumbar. (ANTARA/HO-PLN)


“Kesuksesan keandalan listrik selama kunjungan Wapres di Sumbar tentu tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi antara PLN bersama seluruh Forkopimda Sumatera Barat, yang mengobarkan semangat kami untuk selalu berkontribusi lebih baik lagi, karena ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat khususnya di provinsi Sumatera Barat,” tutur Eric kemudian.

Denzibang 5/Padang, Letnan Kolonel Czi Theodurus Sambua, S.T, M.Han, mengatakan, selama kunker berlangsung pihaknya tidak mendapatkan laporan terkait dengan masalah kelistrikan. Menurutnya, layanan kelistrikan yang diberikan PLN sudah baik dan sangat proaktif.

"Selama kunker tak ada keluhan listrik yang yang muncul baik di lokasi acara maupun di Kota Padang pada umumnya. Sinergi dan kolaborasi dari seluruh komponen/Instansi khususnya support PLN sangat luar biasa dalam membantu menyukseskan kunker RI 2 ke Padang. Kami merasa sangat puas dan bangga dengan dukungan PLN yang tidak mengenal lelah bersama kami melaksanakan tugas selama kegiatan berlangsung Semoga sinergi ini tetap solid sebagai wujud pengabdian dan cinta kita kepada Bangsa dan Negara. Terima kasih PLN,” ungkapnya.