KAI Divre Sumbar targetkan nihil kecelakaan pada libur Lebaran

id KAI Sumbar, zero kecelakaan

KAI Divre Sumbar targetkan nihil kecelakaan pada libur Lebaran

Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar menargetkan nihil (zero) kecelakaan di perlintasan sebidang pada periode libur Lebaran 1444 Hijriah/2023.

"Kita fokus menjaga perlintasan sebidang terutama yang tidak memiliki palang pintu agar tidak terjadi kecelakaan melibatkan kereta api di Sumbar pada periode libur Lebaran," kata Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah di Padang, Jumat.

Ia mengatakan pada beberapa bulan terakhir memang terjadi beberapa kali demperan kendaraan dengan kereta api di Sumbar. Rata-rata terjadi karena kurang hati-hati pengendara di perlintasan sebidang tanpa palang pintu.

"Untuk itu selain mengimbau pengendara untuk berhati-hati, kita menambah personel yang akan menjaga titik-titik yang dinilai rawan," ujarnya.

Menurutnya, PT KAI Divre Sumbar telah menambah petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 11 orang, dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) 3 orang.

"Mereka akan bertugas selama 19 hari dimulai 14 April sampai 2 Mei 2023 untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat," katanya.

Ia menyebut pada libur Lebaran banyak perantau dan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar. Sebagian besar tidak menguasai medan karena itu perlu upaya khusus agar tidak terjadi kecelakaan.

"Kita berharap dengan upaya ini target zero kecelakaan bisa tercapai," katanya.

Sebelumnya PT KAI Divre Sumbar menggelar Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 dipimpin oleh Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah di Lapangan Kantor Divre II Sumbar, Jumat (14/4).

Apel Gelar Pasukan tersebut menandai hari pertama dilaksanakannya periode posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api.

Pada tahun ini KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran selama 19 hari dari 14 April sampai 2 Mei 2023.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KAI Divre Sumbar targetkan nihil kecelakaan pada libur Lebaran