Kuota Mudik Gratis Jateng 2023 terpenuhi tak sampai sehari

id ganjar pranowo,gubernur jawa tengah

Kuota Mudik Gratis Jateng 2023 terpenuhi tak sampai sehari

Tangkapan layar - Baner info Mudik Gratis Angkuat Lebaran 2023. ANTARA/Youtube DITJEN PERHUBUNGAN DARAT/pri.

Semarang (ANTARA) - Kuota pendaftar pada Program Mudik Gratis Jateng 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah terpenuhi dalam waktu lima jam setelah dibuka.

“Pendaftaran untuk mudik gratis, lima jam langsung habis kemarin,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis.

Mantan anggota DPR RI itu menyebut antusiasme warga Jateng dalam mengikuti Program Mudik Gratis Jateng 2023 cukup tinggi, bahkan situs pendaftaran sempat mengalami kendala teknis, namun bisa diperbaiki dengan cepat.

“Mudah-mudahan sih nanti bisa dilayani dan lebih banyak lagi masyarakat Jateng di luar Jawa Tengah bisa dibantu nanti mudik gratisnya,” ujarnya.

Untuk mendukung Program Mudik Gratis Jateng 2023, ia mengimbau pemerintah daerah yang akan dilewati program tersebut menyiapkan semuanya, baik petugas, tempat, maupun jalur alternatifnya.

“Agar mudiknya bisa lebih baik, tentu modanya banyak ya, udaranya ada, lautnya ada, kereta apinya ada, nanti kami akan komunikasi dengan kementerian yang di pusat,” katanya.

Program Mudik Gratis Jateng 2023 menyediakan 485 kuota dengan moda transportasi bus.

Rencananya, para pemudik peserta Mudik Gratis Jateng 2023 akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada 17 April 2023.

Pemerintah pusat memprediksi 12 juta pemudik akan melintas dan menuju Jawa Tengah pada Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 13,38 persen dibandingkan dengan pada Lebaran 2022.

Rute tujuan Mudik Gratis Jateng 2023, antara lain Solo Raya (Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Surakarta, Boyolali, Sragen, Karanganyar), Semarang (Kendal, Demak, Grobogan, Salatiga, Kota/Kabupaten Semarang).

Selain itu, Banyumas (Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Banyumas), Kedu (Kabupaten Purworejo, Kota/Kabupaten Magelang, Kebumen, Temanggung, Wonosobo), Pati (Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora), dan Pekalongan (Kota/Kabupaten Pekalongan, Kota/Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang, Batang).