Potensi hujan lebat di pegunungan Sumut, Warga Sumut diminta waspada

id Bmkg,potensi hujan lebat di pegunungan Sumut,pengunungan sumut,hujan lebat,cuaca sumut

Potensi hujan lebat di pegunungan Sumut, Warga Sumut diminta waspada

Seorang petani menggarap lahan pertanian padi saat cuaca mendung pekat di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (1/3/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah Indonesia mengalami hujan ringan hingga lebat pada Rabu (1/3/2023). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho./foc.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada potensi hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung di Medan, Sabtu, mengatakan, sebagian wilayah di Sumut berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang dan badai petir.

"Waspada hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Pantai Barat, Lereng Barat, pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpeluang hujan ringan di Kepulauan Nias dan Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu

Siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Medan, Deli Serdang, Batubara, Asahan, Toba, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Madina, Simalungun, .

Malam hari berpeluang hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan Humbang Hasundutan.

Sementara suhu udara: 16.0 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara : 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Timur Laut– Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.