1.955 warga Jayapura mengungsi akibat gempa susulan 5,4 M

id gempa papua,jayapura,Gempa susulan

1.955 warga Jayapura mengungsi akibat gempa susulan 5,4 M

RSUD Jayapura terpaksa mengungsikan pasien di halaman akibat gempa susulan yang masih terus terjadi di Kota Jayapura pada Kamis (9/2/2023). (FOTOANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - BPBD menyatakan sebanyak 1.955 orang warga Kota Jayapura, Provinsi mengungsi dan memilih tidur di tenda akibat gempa susulan berkekuatan mangnitudo (M) 5,4 yang pada Kamis (9/2) malam melanda Kota Jayapura dan sekitarnya.

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid kepada ANTARA di Jayapura, Jumat mengakui, warga terutama yang bermukim di kawasan Distrik Jayapura Utara banyak yang memilih tidur di tenda atau di luar rumah guna menghindari dampak gempa susulan.

"Memang benar Kamis (9/2) malam masyarakat banyak yang memilih mengungsi dan tidur di tenda yang mereka dirikan sendiri secara darurat atau tenda bantuan akibat gempa susulan," katanya.

Ia menyatakan jumlah pengungsi akan bertambah karena rata-rata warga mereka mengungsi di malam hari.

Saat ini, kata dia, tercatat 22 titik pengungsian yang sebagian besar berada di Distrik Jayapura Utara.

"Nanti malam sekitar pukul 19.00 WIT, Forkopimda Kota Jayapura akan mengupdate perkembangan dampak gempa berkekuatan 5,4 magnitudo, " kata Asep Khalid.

Gempa berkekuatan 5,4 magnitudo yang terjadi Kamis (9/2) mengakibatkan empat warga meninggal akibat cafe yang berlokasi di ruko Pasifik Permai roboh ke laut.

Sejumlah bangunan mengalami kerusakan dan pendataan masih terus berlangsung.

BMKG Wilayah V Jayapura hingga pukul 12.55 WIT mencatat 1.152 kali gempa dengan 160 gempa yang dirasakan masyarakat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa susulan M 5,4 akibatkan 1.955 Warga Kota Jayapura mengungsi