Berkat PLN Peduli, 80 hektare sawah petani Batu Payung produktif lagi

id PLN, TJSL, irigasi

Berkat PLN Peduli, 80 hektare sawah petani Batu Payung produktif lagi

Penyerahan secara simbolis bantuan TJSL PLN ke kelompok P3A dilangsungkan pada Jumat (25/11) ini bertempat di Kantor Wali Nagari Batu Payuang. (ANTARA/HO-PLN)

Sarilamak (ANTARA) - Kembali bersumbangsih pada lingkungan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat kembali menurunkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk perbaikan taraf ekonomi masyarakat dengan perbaikan rehabilitasi irigasi kepada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Ranawan Sawah Laweh Nagari Batu Payuan, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Total bantuan sebesar Rp.100.000.000,- dan akan digunakan untuk perbaikan jaringan/saluran irigasi sepanjang 2700 meter. Sehingga harapannya dapat berdampak positif pada peningkatan kegiatan usaha dan ekonomi masyarakat sekitar irigasi, khususnya kegiatan pertanian.

Simbolis penyerahan bantuan dilangsungkan pada Jumat (25/11) ini bertempat di Kantor Wali Nagari Batu Payuang.

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina, Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN UID Sumbar Cipto Adi Sumartono, Manager Komunikasi Yenti Elfina, Managemen PLN UP3 Payakumbuh.

Hadir Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten 3 Setda Lima Puluh Kota A Zuhdi Perama, jajaran forkopimda, serta pengurus Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

General Manager PLN UID Sumatera Barat Eric Rossi menyampaikan, perbaikan irigasi Ranawan Sawah Laweh Nagari Batu Payuang, sebagaimana harapan masyarakat sekitar, akan merealisasikan penyalurkan air yang optimal dari mata air Batu Payuang kepada masyarakat sekitar yang memerlukan.

‘’Lahan hamparan sawah yang berpengairan cukup tentu dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian, meningkatkan pendapatan petani, dan secara tidak langsung berpengaruh pada peningkatan ketahanan pangan masyarakat dan ketahanan pangan nasional,’’ ungkapnya kemudian.

Sambung Eric, PLN sangat bangga dan selalu berupaya bersumbangsih dalam perbaikan lingkungan apalagi yang dapat berdampak langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

‘’Selanjutnya, mari bersama-sama kami, setelah ini kita rawat dan jaga bersama kelestarian irigasi Ranawan Sawah Laweh Nagari Batu Payuang. Sehingga masyarakat tetap terbantu, tetap sejahtera, dan ketahanan pangan kita semakin madani,’’ ungkapnya kemudian.

Ketua P3A Ranawan Sawah Laweh Toni Putra menyampaikan, Irigasi ini berada pada 80 hektar lahan sawah dengan sumber air dari mata air Bayu Payuang yang sangat melimpah.

‘’Bantuan dari PLN akan sangat membantu petani sekitar irigasi dan seluruh masyarakat yang bermatapencaharian di sekitar irigasi,’’ ungkapnya.

Toni Putra, di akhir acara, kemudian menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN. ‘’Terima kasih PLN. Berkat PLN Peduli, Irigasi kami akhirnya akan direhabilitasi dan segera beroperasi seperti sediakala. Sudah sekian lama irigasi ini rusak parah sampai kami kesulitan mengairi sawah,’’ ungkapnya.

Sementara itu Asisten 3 Setda Lima Puluh Kota A Zuhdi Perama menyampaikan, PLN merupakan BUMN yang sangat konsisten mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, lingkungan, dan lain sebagainya melalui bantuan TJSL.

"Apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada PLN, melalui tangan dingin buk Nevi. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat maksimal untuk meningkatkan pertanian di Nagari Batu Payuang," lanjutnya.

Zuhdi pun berharap, ke depannya kawasan Lima Puluh Kota lainnya yang belum terjamah juga mendapatkan saluran bantuan dari PLN, demi masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.*