Solok Selatan bangun sentra pembibitan sapi di Golden Arm

id khairunas,sentra pembibitan sapi,progul bupati,solok selatan

Solok Selatan bangun sentra pembibitan sapi di Golden Arm

Bupati Solok Selatan, Khairunas di dampingi Wakil Bupati Yulian Efi dan Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda saat menyerahkan bantuan sapi melalui APBD tahun anggaran 2021 kepada masyarakat setempat. Pada 2022 Pemkab Solok Selatan kembali mengalokasikan dana Rp8,5 miliar untuk bantuan sapi bagi masyarakat. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, membangun sentra pembibitan sapi guna mewujudkan swasembada daging dan meningkatkan populasi sapi di daerah itu.

"Masterplan-nya sudah kami kerjakan dan proses pembuatan kandang juga sudah dimulai dan ini akan terus berlanjut," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, lokasi pembibitan sapi ini dibangun di Golden Arm Kecamatan Sangir dan di lahan seluas 15 hektare.

Ia mengatakan, pemerintah setempat masih terkendala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk mendatangkan indukan namun pembangunan fasilitas masih terus dikerjakan.

"Walaupun masalah sapinya terkendala tetapi pembangunan fasilitasnya tetap berjalan terus," ujarnya.

Selain itu, katanya, masing-masing 500 ekor sapi bantuan dari APBD dan APBN juga belum bisa masuk karena terkendala PMK.

Dia menyebutkan, pengembangan sapi ini juga sejalan dengan pengembangan sorgum di Solok Selatan sebab batangnya bisa dijadikan bahan pakan alternatif.

Dia berharap, PMK bisa segera teratasi sehingga bantuan baik dari APBD maupun APBN serta rencana pembibitan sapi bisa berjalan.

"Semoga PMK cepat berlalu sehingga program pemerintah bisa berjalan baik demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.