PT Semen Padang fasilitasi 32 juru las ikuti pelatihan bersertifikat

id PT Semen Padang,pelatihan Balai Latihan Vokasi dan Produktivitas Padang,juru las ikuti pelatihan bersertifikat pt semen padang

PT Semen Padang fasilitasi 32 juru las ikuti pelatihan bersertifikat

Dua orang welder tengah mengikuti pelatihan Balai Latihan Vokasi dan Produktivitas Padang, difasilitasi oleh PT Semen Padang. (Antara/HO-Semen Padang)

Padang (ANTARA) - PT Semen Padang memfasilitasi 32 masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan mengikuti pelatihan las bersertifikat bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

"Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lingkungan. Tidak hanya melalui pendidikan dan bantuan, tapi juga melalui pelatihan bagi juru las," kata Plt Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang R Trisandi Hendrawan di Padang, Rabu.

Menurut dia pelatihan juru las ini merupakan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Semen Padang dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Ditjen Bina Lavotas) Kementerian Ketenagakerjaan.

"MoU dilakukan untuk bidang Pelatihan Berbasis Kompetensi terhadap karyawan, pekerja outsourcing dan masyarakat lingkungan PT Semen Padang dalam rangka untuk pengembangan kejuruan dan program pelatihan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan industri," kata dia

Selain itu pelatihan bertujuan meningkatkan kompetensi kualitas sumber daya manusia melalui vokasi dan sertifikasi.

Sementara Kepala Seksi Program Kemitraan CSR Semen Padang Satrio Rian Bhakti mengatakan,pelatihan bekerja sama dengan BPVP Padang telah berjalan selama dua gelombang dengan masa pelatihan untuk satu gelombang selama tujuh hari.

Pelatihan dan sertifikasi itu terdiri atas enam hari praktik dan satu hari untuk ujian sertifikasi yang langsung diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

"Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan peningkatan keterampilan karena pada umumnya, peserta pelatihan sudah punyai kemampuan las," katanya.

Menurut Satrio dengan adanya sertifikasi ini, maka peluang kerja bagi masyarakat lingkungan akan semakin terbuka.

"Kemana pun mereka akan melamar pekerjaan, tentu ada peluang. Apalagi, sertifikasi yang mereka dapat dari BSN," ujarnya.

Satrio juga menyampaikan dalam waktu dekat CSR Semen Padang akan kembali membuka pelatihan dan sertifikasi untuk masyarakat lingkungan.

"Untuk gelombang III nanti, pelatihannya bukan juru las , tapi bidang lain. Bisa jadi untuk instrumen listrik, atau mekanikal. Ini yang sedang kami koordinasikan dengan BPVP Padang," katanya.

Bagi Semen Padang, pelatihan dan sertifikasi ini juga akan dapat menguntungkan perusahaan, terutama ketika pabrik dalam kondisi overhaul karena mereka yang telah disertifikasi akan dimanfaatkan jasanya oleh perusahaan untuk pengerjaan overhaul atau pun pengerjaan rutin lainnya di lingkungan Semen Padang.

"Tidak hanya bagi Semen Padang, industri lain mungkin juga membutuhkan jasanya. Karena, mereka sudah disertifikasi dan tentunya mereka bisa dipercaya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya," kata dia.