Dinas Pariwisata Sumbar bantu Solok Selatan buat masterplan geopark

id masterplan geopark Solok Selatan,bewrita Solok Selatan,Solok Selatan terkini,objek wisata di Solok Selatan,berita sumbar

Dinas Pariwisata Sumbar bantu Solok Selatan buat masterplan geopark

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar menyerahkan Surat Keputusan Kementerian ESDM kawasan geologi Solok Selatan kepada Bupati Solok Selatan Khairunas saat FGD penyusunan masterplan geopark Solok Selatan, di Padang Aro, Jumat. (Antara/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Dinas Pariwisata Sumatera Barat membantu Pemerintah Kabupaten Solok Selatan membuat masterplan geopark sebagai salah satu syarat untuk menjadi Geopark Nasional.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Wisata Dinas Pariwisata Sumbar Doni Hendra, di Padang Aro, Jumat, mengatakan untuk menjadi Geopark Nasional ada empat persyaratan yang harus dipenuhi yaitu dossier, warisan geologi, masterplan, dan badan pengelola.

"Solok Selatan sudah memiliki dossier dan warisan geologi dan hari ini kami bantu membuat masterplan geopark untuk menuju Geopark Nasional," katanya.

Dia menjelaskan, setelah masterplan selesai maka tugas Solok Selatan selanjutnya membuat badan pengelola yang menjadi syarat utama geopark Nasional.

Kalau badan pengelola sudah dibentuk maka tugas pemerintah daerah akan berkurang sebab semuanya dikerjakan oleh badan pengelola.

Oleh sebab itu katanya, carilah orang yang mau bekerja dan sungguh-sungguh dalam mengelola sehingga bisa memajukannya.

Dengan badan pengelola katanya, bukan hanya dana APBD yang bisa dialokasikan tetapi juga bisa bekerjasama dengan perusahaan dalam pemanfaatan dan CSR kemudian melibatkan Nagari.

"Geopark tidak membutuhkan biaya besar sebab semua potensi bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Geopark katanya, merupakan wisata minat khusus sehingga yang berkunjung juga beda sebab mereka datang untuk belajar dan waktu kunjungannya cukup lama.

Kemudian keuntungan lainnya kata dia, uang masuk karena yang datang untuk belajar sehingga mereka akan menginap dan pemandu wisata yang sudah dilatih juga mendapat imbas.

"Wisata minat khusus sangat cocok di Solok Selatan sebab destinasinya terjaga," katanya.

Apalagi kalau geopark ini nantinya dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan menjadi ekstrakurikuler atau masuk silabus dalam belajar dan ini belum ada di Sumbar.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan, Solok Selatan memiliki keragaman geologi seperti pegunungan, bukit dan lembah serta sungai dan kebudayaan.

"Kami akan mempersiapkan semua keperluan untuk kepentingan geopark ini sebab semua potensi ada di Solok Selatan," ujarnya.

Salah satu kawasan geologi yang ada di Solok Selatan katanya, adalah goa batu kapal yang sudah terdaftar sebagai geopark Sumatera Barat.

Pemkab Solok Selatan katanya, akan mengembangkan goa batu kapal sebaik mungkin sebab masyarakat sudah menghibahkan tanahnya seluas 27 hektare untuk keperluannya. (*)