Belibis Fishing Club Solok gelar lomba pancing ikan meriahkan lebaran 1443 H

id Belibis Fishing Club Solok, gelar lomba pancing, ikan meriahkan, lebaran 1443 H

Belibis Fishing Club Solok gelar lomba pancing ikan meriahkan lebaran 1443 H

Belibis Fishing Club Solok gelar lomba pancing ikan meriahkan lebaran 1443 H (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Belibis Fishing Club (BFC) Solok, Sumatera Barat menggelar lomba memancing ikan se-Sumatera dalam rangka memeriahkan hari Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di daerah setempat.

"Lomba pancing ikan ini diadakan dalam rangka memeriahkan hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Dengan tingkat peserta se-Sumatera," kata Panitia Lomba Pancing Ikan Se-Sumatera, Belibis Fishing Club (BFC) Solok Roni di Solok, Minggu.

Ia menyebutkan jumlah peserta yang hadir mengikuti lomba pancing ikan tersebut mencapai 144 orang peserta dari 150 peserta yang ditargetkan sebelumnya.

"Para peserta sangat antusias, bahkan datang dari berbagai daerah seperti ada yang hadir dari Medan, Pekanbaru, Jambi, Duri, Dumai, dan daerah setempat," kata dia.

Selain itu, syarat untuk peserta lomba ikan hanya membayar uang pendaftaran senilai Rp2,5 juta dan mendapatkan makan siang.

Ia juga mengatakan mengenai hadiah yang diperoleh cukup besar, yakni juara satu mendapat mobil dan tropi, juara dua uang tunai Rp50 juta, tabanas dan tropi, serta juara tiga meraih Rp20 juta.

"Sementara untuk penilaiannya berdasarkan berat ikan yang didapatkan. Pemenang pertama akan diraih oleh pemancing yang mendapatkan ikan yang paling berat," kata dia.

Roni mengatakan lomba memancing ikan tersebut sudah diadakan beberapa kali di Pulau Belibis. Bahkan setiap acara besar di Kota Solok selalu diadakan lomba memancing ikan sebagai bentuk berpartisipasi memeriahkan kegiatan tersebut.

"Kegiatan lomba mancing ikan ini tidak hanya diadakan pada hari ini saja, bahkan sudah sering mengadakan lomba memancing ikan. Sesuai kegiatan tertentu seperti ulang tahun Kota Solok dan agenda lainnya," kata dia.

Selain itu, wahana memancing ikan di Objek Wisata Pulau Belibis sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dan sering dibuka setiap hari bagi pengunjung yang ingin memancing di sana.

"Biasanya setiap pengunjung yang ingin mancing ikan, hanya membayar tiket Rp35 ribu dan puas memancing seharian," kata dia.

Kepala Bidang Pengelolaan Objek Wisata, Dinas Pariwisata Kota Solok Fauzi mengapresiasi kegiatan lomba memancing ikan yang digelar Belibis Fishing Club (BFC) Solok tersebut.

"Melalui kegiatan tersebut dapat mengenalkan objek wisata Pulau Belibis ke peserta lomba, apalagi lomba digelar tingkat Sumatera. Dengan demikian dapat menambah wisatawan yang berkunjung ke Kota Solok," kata dia.

Ia juga mengatakan ditambah lagi saat ini jumlah pengunjung ke objek wisata di Kota Solok terus meningkat semenjak hari pertama Lebaran 1443 Hijriah.

"Bahkan hari sebelumnya mencapai 2 ribu hingga 3 ribu pengunjung yang berwisata di Pulau Belibis per harinya. Sampai hari ini masih ramai pengunjung kendati besok sudah mulai masuk kerja dan sekolah," ujar dia.