Lakukan transformasi komunikasi, head of corporate communication Elnusa Petrofin raih penghargaan pemimpin Humas berpengaruh 2021

id Elnusa, patrofin, PR, humas

Lakukan transformasi komunikasi, head of corporate communication Elnusa Petrofin raih penghargaan pemimpin Humas berpengaruh 2021

Head of corporate communication Elnusa Petrofin raih penghargaan pemimpin Humas (ANTARA/HO-hms Elnusa)

Jakarta (ANTARA) - Media PR Indonesia Group memberikan penghargaan kepada pemimpin fungsi Public Relations dalam forum Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #7 di Bali.

Mengusung tema “Transformasi Komunikasi Keberlanjutan Bangsa”, dalam kegiatan ini Department Head of Corporate Communication & BoD Support Putiarsa Bagus Wibowo turut menerima penghargaan sebagai “Pemimpin Public Relations Berpengaruh 2021 Kategori Korporasi” pada Jumat, 10 Desember 2021 lalu bersama para pemimpin PR Korporasi lainnya.

Para pemimpin fungsi Public Relations / Humas yang mendapatkan penghargaan dinilai berhasil mewujudkan reputasi dan exposure positif perusahaan/ organisasi di mata publik maupun stakeholders baik di media pemberitaan maupun media sosial.

Selain itu para pemenang dinilai memiliki kinerja yang mumpuni dalam memimpin fungsi Public Relations / Corporate Communication yang sejalan dengan tujuan dari Organisasi / Korporasi.

Putiarsa Bagus Wibowo mulai memimpin dan membangun fungsi Corporate Communication dan Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Elnusa Petrofin sejak Desember 2017 yang sebelumnya tidak ada.

Selama itu, berbagai macam terobosan dan upaya dilakukan untuk meningkatkan kinerja serta komunikasi efektif Elnusa Petrofin kepada Publik dan Stakeholders.

Selama masa Pandemi COVID19, Putiarsa secara proaktif memimpin timnya untuk menjalankan kegiatan komunikasi perusahaan mulai dari kegiatan operasional, Corporate Social Responsbility, sampai informasi bisnis Elnusa Petrofin.

Bagi Putiarsa peran komunikasi menjadi salah satu bagian terpenting dari perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

“Sebagai bagian strategis di Perusahaan, tugas utama dari pemimpin Departemen atau fungsi Public Relations adalah bagaimana kita dapat membentuk, mengemas dan mengkomunikasikan pesan pesan korporasi dengan tepat dan efektif, sehingga dibutuhkan kreativitas dan inovasi sehingga dapat tercipta engagement yang positif dengan seluruh key Stakeholders”, ujar Putiarsa.

Dalam memberikan penghargaan, Media PR Indonesia Group bekerjasama dengan perusahaan startup Kazee Digital Indonesia. Penilaian ini dimulai dari 1 Januari sampai 30 September 2021.

Aspek penilaian penghargaan yaitu popularitas dan kinerja. Sosok pemenang merupakan praktisi humas/PR yang memiliki popularitas yang baik.

Titik beratnya adalah kuantitas eksposur di 7.198 media online local, 1.032 media online nasional, dan 2.347 media online internasional, dan media sosial (Twitter, Facebook, dan Instagram), serta kualitas dari eksposur tersebut (mempertimbangkan tone positif/negatif).

Penentuan pemenang didasarkan pada kuantitas ekspos perbincangan positif warganet dan mempertimbangkan konten pemberitaan yang dianalisis secara manual oleh PR INDONESIA dan Kazee Digital Indonesia.

Founder dan CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang dalam ajang Forum Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #7.

Asmono Wikan mengatakan bahwa di masa yang penuh ketidakpastian akibat pandemi dan disrupsi digital, setiap pemimpin di level apapun, perlu selalu mengevaluasi agenda-agenda komunikasi kepada publik yang dilakukan, agar senantiasa tetap relevan dengan tujuan organisasi/korporasi.

“Dunia berubah, pandemi mengajarkan banyak hal kepada kita semua. Termasuk para pemimpin, bahwa cara dan metode komunikasi harus selalu disesuaikan dari waktu ke waktu. Agar upaya menggapai reputasi senantiasa dapat dicapai,” imbuh Asmono Wikan.

Putiarsa Bagus Wibowo pun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang diterima. Penghargaan ini pun tidak luput atas bantuan dari berbagai pihak baik secara internal maupun eksternal seperti media-media yang selama membantu proses komunikasi PT Elnusa Petrofin.

Putiarsa menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi penyemangat agar kedepannya Department Corporate Communication & BoD Support dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang tentunya dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM yang ada di department yang dia pimpin. Sehingga kehadiran Corcom & BoD Support memberikan pengaruh yang lebih baik lagi dalam hal reputasi perusahaan.

Selain Putiarsa, beberapa pemimpin Fungsi Public Relations juga mendapatkan penghargaan tokoh PR Berpengaruh ini seperti: Google Indonesia, Gojek, Telkom, Pertamina, PLN, Telkomsel, Adaro Energi, BNI 46, Bank Mandiri, BRI, Astra, Tokopedia dan lain-lain.