Meski pandemi, Legislator Payakumbuh minta Pemkot maksimalkan potensi PAD

id Armen Faindal,payakumbuh,PAD payakumbuh,berita sumbar

Meski pandemi, Legislator Payakumbuh minta Pemkot maksimalkan potensi PAD

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Armen Faindal. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Armen Faindal mendorong pemerintah daerah setempat untuk dapat memaksimalkan potensi-potensi yang ada dalam meningkatkan dan mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang telah ditentukan.

"Kita semua sadar dan tahu bahwa saat ini keadaan tidak normal karena pandemi COVID-19, namun pemerintah daerah harus tetap memaksimalkan potensi-potensi PAD sehingga target yang telah ditentukan dapat tercapai," kata Armen di Payakumbuh, Senin.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan bahwa Kota Payakumbuh saat ini memiliki potensi PAD dari sektor pajak dan sektor retribusi. Untuk dari sektor retribusi ini seperti retribusi parkir dan pariwisata.

"Seperti contohnya retribusi parkir, semua pihak mulai dari petugas di lapangan dan pengawas harus maksimal dalam bekerja sehingga hasil dari potensi PAD kita ini juga dapat kita maksimalkan," ungkapnya.

Sampai dengan Selasa (20/9), sektor PAD dari retribusi baru mencapai angka 46,55 persen dari target Rp7,7 miliar. Sedangkan untuk sektor pajak sudah mencapai 75,5 persen dari target Rp17 miliar.

Menurutnya, masih rendahnya capaian PAD dari sektor retribusi ini juga tidak terlepas dengan tutupnya objek wisata di Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu.

"Saat ini objek wisata di Kota Payakumbuh sudah mulai dibuka, semoga ini bisa meningkatkan PAD kita meskipun dibukanya objek wisata ini belum maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan dibukanya objek wisata kali ini masih harus tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat sehingga jumlah pengunjung juga tidak bisa maksimal.

Sementara itu untuk realisasi belanja Kota Payakumbuh yang masih sekitar 50 persen, Armen juga mengimbau agar pemerintah daerah dapat melakukan percepatan sehingga masyarakat dapat merasakan langsung dampaknya.

"Khusus untuk realisasi belanja modal ini harus dipercepat realisasinya apalagi yang berdampak langsung kepada masyarakat. Namun saya tetap mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemkot Payakumbuh," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan bahwa pihaknya optimis target PAD untuk Pemerintah Kota Payakumbuh dapat tercapai sampai dengan akhir 2021.

"InsyaAllah kami akan semaksimal mungkin untuk dapat mencapai target yang telah ditentukan. Kami telah melakukan pertemuan dengan OPD penghasil PAD," kata dia. (*)