Ingin menjadi kreator konten? ini tipsnya

id kreator konten,tips kreator konten,snackvideo

Ingin menjadi kreator konten? ini tipsnya

Ilustrasi fitur editing dalam aplikasi SnackVideo (ANTARA/HO SnackVideo)

Jakarta (ANTARA) - Perkembangan dunia digital saat ini telah membuka peluang bagi semua orang untuk menjadi seorang konten kreator di media sosial dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone.

Adanya tawaran penghasilan yang cukup menggiurkan juga membuat banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi konten kreator.

Tawaran penghasilan ini didapatkan dari berbagai macam sumber seperti kolaborasi dengan sebuah brand atau endorsement, dan insentif yang diberikan oleh aplikasi yang membesarkan nama mereka.

Namun dengan banyaknya pesaing, seorang konten kreator juga perlu menentukan platform mana yang cocok dengan konten yang ingin dibuat. Salah satu platform media sosial berbasis video pendek di Indonesia adalah SnackVideo. Konten video seperti parodi, tarian, curhat, tips, sampai hobi dapat menjadi konten yang menarik perhatian di SnackVideo.

Buat kamu yang baru memulai, berikut beberapa tips dan trik untuk membuat video menarik dan tepat sasaran dilansir dari siaran pers SnackVideo.

1. Tentukan topik atau tema video pendek sesuai minat dan bakat kamu

Tentukan satu tema video sesuai dengan minat dan bakat kamu, yang menurut kamu menarik untuk dibuat, seperti video tutorial, parodi, tarian, dan konten seru lainnya. Lalu sesuaikan dengan musik latar pilihanmu agar kesempatan video ditemukan oleh audiens yang sesuai semakin besar.

Kemudian, secara rutin buat dan unggah video dengan topik yang berkaitan atau senada agar konten yang dihasilkan bisa tetap konsisten. Dengan demikian, kesempatan kamu bisa ditemukan oleh audiens yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu semakin besar.

2. Ikut meramaikan tren yang sedang berlangsung

Ada banyak video viral yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mulai membuat sebuah konten. Berbagai musik atau lagu yang tersedia bisa menjadi modal awal kamu untuk berkarya, apalagi jika musik atau lagu tersebut sedang ramai digunakan oleh kreator lain.

Kamu juga dapat mengalihsuara atau men-dubbing video yang sudah tersedia dan mengikuti konsep yang sudah ada, hal ini akan lebih mudah dan cepat bagi kamu untuk segera membuat dan mengunggah video. Jangan menjiplak konten dari kreator lain tanpa memberi kredit, usahakan untuk hanya mengambil inspirasi dan tetap membuat konten yang orisinil.

3. Ikuti tantangan atau challenge yang sedang banyak beredar

Di SnackVideo, ada banyak tantangan yang bisa diikuti dan dijadikan konten video ala kamu sendiri. Untuk memulai membuat konten video di SnackVideo, kamu bisa mencoba salah satu tantangan viral seperti #TransformasiGanteng atau #JogetFantastik, merekam videonya, dan mulai rutin share video challenge kamu. Mengikuti tren tantangan seperti ini merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat video pendek bagi kreator konten yang baru memulai.

Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan hashtag atau tagar pada deskripsi atau caption, karena ini adalah cara ampuh agar video kamu dapat masuk di laman explore, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang sedang mencari konten serupa. Pastikan untuk menggunakan tagar yang relevan dengan video yang kamu unggah, agar konten kamu dapat menyasar audiens yang kamu harapkan.

4. Rajin berinteraksi dengan kreator lainnya

Tinggalkan komentar, like, dan bagikan video kreator lain yang kamu nikmati ke media sosial lain yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menandai nama kreator tersebut sebagai bentuk apresiasi kamu.

Selain itu kamu juga bisa berkenalan dengan para kreator lainnya melalui fitur Pesan pada SnackVideo untuk memperluas jaringan kamu. Dengan demikian, kehadiran kamu di SnackVideo akan diperhatikan oleh banyak orang sehingga membantu menaikkan interaksi dan cakupan audiens yang bisa menemukan video karya kamu.

5. Manfaatkan kemudahan fitur editing di SnackVideo

Ada banyak sekali jenis video kreatif yang bisa dibuat lewat SnackVideo. Berbagai fitur editing yang tersedia di SnackVideo sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga memudahkan kamu untuk berkreasi dan membuat video semenarik mungkin.

Kamu bisa menambahkan filter warna, menambahkan musik atau merekam suara, menambahkan stiker atau gambar, serta foto tulisan dan efek pada video dalam sentuhan jari.

Selain itu, kamu juga bisa menggambar secara langsung pada video yang ingin kamu unggah dengan beberapa pilihan efek. Dan yang terpenting, kamu bisa menentukan penggalan-penggalan video yang ingin ditampilkan sesuai dengan alur cerita dari video tersebut. Fitur penyuntingan di SnackVideo dapat ditelusuri dengan mudah sehingga siapa saja dapat menjadi kreator.

6. Bagikan video kamu ke berbagai platform media sosial

Agar semakin meningkatkan popularitas kamu sebagai konten kreator, jangan lupa untuk membagikan video-video yang kamu buat ke berbagai media sosial yang kamu miliki. Dengan membagikan video kamu di berbagai media sosial, kamu akan semakin dikenal dan semakin banyak yang mengunjungi bahkan mengikuti kamu di akun SnackVideo.

Seorang konten kreator memerlukan konsistensi dalam memproduksi video pendek, mengunggah, berinteraksi, serta memilih platform media sosial yang tepat untuk membagikan karya. Dengan rutin melakukan aktivitas tersebut, perlahan namun pasti, konten kreator akan menemukan audiens setianya yang relevan.