Program RDM jadi magnet pelanggan bayar tagihan listrik lebih awal

id PLN, bayar listrik, program RDM, PLN mobile, bertranspormasi

Program RDM jadi magnet pelanggan bayar tagihan listrik lebih awal

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto (kanan) menyerahkan secara simbolis hadiah umroh untuk pelanggan yang meraih hadiah program RDM tahun 2020. (antarasumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Dalam bisnis memang membutuhkan banyak cara untuk bisa mengetuk hati calon pembeli dan wujudkan pelanggan setia. Bila tepat pola dan sentuhannya maka akan menggugah kesadaran konsumen atau pelanggan.

Hal ini pulalah yang sepertinya diterapkan PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat melalui program promonya dengan pola pendekatan narasi sentuhan kearifan lokalnya.

Program diberi nama Rezeki listrik Dunsanak Minang (RDM). Secara narasi konten programnya cukup mengenak karena dua kata bagian akhirnnya "dunsanak minang". Bila diartikan kata dunsanak adalah saudara dan Minang adalah suku.

Kata yang delapan karakter itu dapat dikatakan sebagai magnet tersendiri dan membawa arti penting dalam pelaksanaan program promo yang sudah masuk tahun ketiga dengan grafik kesadaran pelanggan PLN UIW Sumbar terus naik bayar tagihan listriknya lebih awal.

Antusias tersebut tak dipungkiri juga dengan ada pengharapan, karena dalam program tersebut memang bertabur hadiah. Program promo bertajuk RDM ini diperuntukan untuk menggugah kesadaran pelanggannya agar disiplin dalam membayar tagihan listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 10 setiap bulannya bagi pasca bayar.

Begitu juga bagi pelanggan pra bayar dengan pembelian 200 ribu token akan mendapatkan satu kupon setiap bulannya. Tampaknya program RDM membuktikan sebagai daya pikat tersendiri dalam membangun kesadaran pelanggan PLN UIW Sumbar.

Program yang dimulai sejak 2018, grafik pelanggan yang bisa ikut dalam pengundian beragam hadiah itu terus meningkat dari tahun ke tahun, kata General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto saat pengundian program RDM pada 17 Desember 2020 secara virtual.

Berdasarkan data divisi niaga PLN UIW Sumbar pada tahun pertama (2018) baru 480 ribu pelanggan yang bayar tagihan awal bulan. Meningkat pada tahun kedua (2019) menjadi 700 ribu pelanggan dan tahun ketiga (2020) naik signifikan menjadi 1,127 juta.

Pelanggan listrik PLN UIW Sumbar 1,5 juta lebih yang tersebar di 19 kabupaten dan kota di provinsi itu. Melihat daya pikat program RDM cukup nyata, maka manajemen PLN Sumbar juga menambah jumlah hadiah-hadiah yang disuguhkan. Pada tahun pertama hanya satu paket umroh gratis dan tahun kedua dan ketiga menjadi tiga paket umroh gratis bagi pelanggan yang beruntung.

Jumlah hadiah lainnya pada tahun ketiga semakin banyak, seperti hadiah menarik lainnya tiga sepeda motor listrik, tiga unit kulkas, tiga unit TV 43inc, tiga unit mesin cuci, tiga unit AC, 10 unit kompor induksi, 10 unit dispenser, 10 unit air fryer, 10 unit cofee maket. Total keseluruhan yang mendapat reward 58 pelanggan pada 2020.

Program RDM yang diluncurkan pada awal April 2020, berakhir pada 10 Desember 2020, dan pengundian berlangsung secara virtual pada 17 Desember 2020 di Padang.

Hasil pengundian diumumkan pelanggan jadi pemenang utama untuk tiga paket umroh gratis yakni atas nama Drs. Lainin DT Lanso dengan nomor IDPEL.132362815271 dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) Payakumbuh.

Kedua adalah Yesi Yursil dengan IDPEL.131023663036 dari ULP Tabing Padang dan Rika kurnia Wati dengan IDPEL.133332788000 dari ULP Sawahlunto. Sedangkan peraih undian untuk hadiah sepeda motor listrik diraih oleh, Syafrizal T dengan IDPEL.133103041401 dari ULP Sijunjung, Dhany Asmady dengan IDPEL.131035511844 dari ULP Indarung Padang dan Supardi DT Reno S BA dengan nomor IDPEL.132300081971 dari ULP Payakumbuh.

Buah dari kesadaran dan kedisiplinan telah membuat suka cita tentunya bagi pelanggan yang beruntung meski di tengah pandemi COVID-19 yang melanda.

Bambang mengatakan setiap tahun animo masyarakat terus menunjukan peningkatan mengkuti program RDM. RDM merupakan program unggulan bagi PLN UIW Sumbar yang sudah tahun ketiga dilaksanakan dan diharapkan bisa terus berlanjut.

Secara teknisnya program RDM adalah pelanggan pasca bayar yang melakukan pembayaran rutin atau disiplin setiap awal bulan atau sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Makanya pelanggan akan mendapatkan kupon untuk ikut diundi pada akhir program.

Begitu pula dengan pelanggan pra bayar yang bisa ikut undian, apabila melakukan pembelian token di atas 200 ribu pada awal pemakaian dapat satu kupon. Program RDM, menurut Bambang, merupakan bentuk stimulus sehingga bisa menjadi daya dorong kepada pelanggan untuk disiplin dalam membayar tagihan listriknya lebih awal.

Sebab, PLN UIW Sumbar pendapatannya bersumber dari tagihan pelanggan. Sangat dibutuhkan kesadaran untuk melakukan pembayaran atau kewajiban tepat waktu dan bagi yang lebih awal bulan bisa dapat reward.

"Kami terus berupaya berbuat yang terbaik dengan menjaga mutu dan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan, makanya selalu siaga termasuk di saat pandemi COVID-19," katanya.

Kebutuhan pasokan listrik yang andal saat pandemi COVID-19, menurut dia begitu dibutuhkan karena situasi yang membuat masyarakat banyak beraktivitas di rumah. Hal inilah yang selalu dijaga agar tidak ada gangguan yang berarti supaya membuat masyarakat nyaman. Semoga program RDM, kata dia, dapat menjadi edukasi kepada masyarakat agar terbiasa bayar tagihan lebih awal.

"Terima kasih kepada pemangku kepentingan di Sumbar yang telah dan terus mendukung program-program PLN sehingga semuanya bisa berjalan lancar"ujarnya.

Dampak lain dari program RDM yang dilaksanakan PLN UIW Sumbar telah membuah hasil dengan torehan prestasi nihil piutang yang diraih perusahaan plat merah itu pada akhir 2020.

Nihil piutang ini menjadi kado manis bagi PLN UIW Sumbar untuk menutup tahun 2020. Nihil piutang tersebut artinya tidak ada lagi pelanggan yang belum melakukan pembayaran listrik untuk wilayah kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang, Bukittinggi, Solok dan Payakumbuh.

General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengucapkan terima kasihnya pada pelanggan yang telah membayar listrik tepat waktu.

Apresiasi dan Inovasi

Kepala Dinas ESDM Sumatera Barat Herry Martinus, program RDM yang sudah memasuki tahun ketiga digagas manajemen PLN UIW Sumbar patut untuk diapresiasi karena telah mendorong partisipasi pelanggan disiplin membayar tagihan.

"Kami atas nama Pemprov Sumbar mengajak masyarakat untuk disiplin bayar tagihan listrik agar selalu tersedia pasokan yang andal,"imbaunya.

Kondisi pasokan listrik cukup dan andal sangat diperlukan sehingga siap mendukung investasi dan pembangunan infrastruktur di Sumbar. Pertumbuhan penjualan tenaga listrik tentu akan mempengaruhi besarnya penerimaan pajak penerangan jalan (PPJ) yang merupakan salah satu pendapatan daerah. Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat Sumbar untuk berimigrasi pada penggunaan kompor injeksi atau kompor listrik karena multi manfaatnya.

"Menggunakan kompos induksi terjadi efesiensi sekitar 67 persen biaya dibandingkan dengan kompor gas. Ramah lingkungan, aman dan minim risiko," katanya.

Sementara itu, EVP Operasi Regional Sumatera PLN Supriyadi juga menyampaikan apresiasi atas program RDM digagas PLN UIW Sumbar. Programnya telah menggugah kesadaran pelanggan untuk bayar tagihan lebih awal dari waktu yang ditentukan.

Dalam kesempatan itu, Supriyadi mengatakan, di tengan pandemi COVID-19, PLN terus berinovasi, termasuk memberikan kemudahan dalam pelayanan pembayaran tagihan listrik oleh pelanggan.

Kini pelanggan tidak mesti mendatangi loket-loket pembayaran dan cukup di rumah saja karena bisa bayar tagihan secara online, baik mobil banking, e-commerce dan lainnya.

"Rencananya PLN akan meluncurkan aplikasi new pln mobile pada 18 Desember 2020. Pelanggan bisa download atau install di PlayStor nantinya karena fitur-fiturnya lengkap, termasuk bisa laporan gangguan pelanggan dan lainnya" katanya.

PLN Luncurkan Aplikasi New PLN Mobile (ANTARA/HO)


Peluncuran New PLN Mobile disalah satu stasiun televisi nasional Jumat (18/12) malam sebagai langkah terus bertranspormasinya perusahaan listrik nasional itu.

New PLN Mobile diwujudkan untuk menjawaban tantangan dan solusi terintegrasi. Aplikasi ini akan membuat urusan pelanggan semakin mudah dan cukup dalam genggaman saja.

PLN meluncurkan aplikasi layanan pelanggan New PLN Mobile, menghadirkan fitur dan tampilan baru. New PLN Mobile hadir sebagai platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda, kata Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

“Ini merupakan bagian dari transformasi yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Tak hanya sekadar aplikasi, melalui New PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru serta kemudahan kepada pelanggan,” ucapnya.

Saat ini, PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token.

PLN Mobile juga hadir dalam kemudahan transaksi untuk pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang bekerja sama dengan beberapa Bank dan Fintech.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pelanggan untuk mengajukan layanan pengubahan daya, swadaya catat angka meter (Swacam) , serta layanan pengaduan pelanggan.

“PLN Mobile juga menjadi alat komunikasi PLN dengan pelanggannya. Saat mengajukan pengaduan, pelanggan akan mendapatkan informasi progres penyelesaian gangguan,” tutur Darmawan.

Ia menambahkan, PLN Mobil juga telah dicustomized hanya pada pelanggan yang terdampak saja informasi diberikan.

"Kami gunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat,” jelas Darmawan.

Semua upaya ini diakukan demi memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan kami, demi kepuasan pelanggan PLN. Selain itu, New PLN Mobile satu aplikasi yang menjawab kebutuhan pelanggan dan tantangan kemajuan era digital karena dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi, serta mengoptimalkan bisnis dan operasi di seluruh negeri.

Tunggu apalagi, install atau download di PlayStor untuk mudahkan urusan kelistrikan anda dan cukup #Dirumahaja, selesai dalam genggaman.***