Tiga even ini akan sambut wisatawan yang berkunjung ke Sumbar pada Januari 2021

id even wisata 2021,wisata sumbar,sumbar terkini,wisata padang,wisata dharmasraya

Tiga even ini akan sambut wisatawan yang berkunjung ke Sumbar pada Januari 2021

Kalender even Wisata Sumbar. (ANTARA/Ist)

Padang, (ANTARA) - Tiga even akan menyambut wisatawan yang ingin menghabiskan hari liburnya di Sumatera Barat Januari 2021 masing-masing Festival Pamalayu, Serak Gulo dan Indian Culture serta Festival Cap Go Meh.

"Informasi tentang vaksin membuat kita berharap pandemi berakhir pada 2021. Di sektor pariwisata kita tentu juga menyambut harapan ini dengan menyiapkan sejumlah even untuk wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Selasa.

Ia mengatakan kalender even yang digagas bersama kabupaten/kota dan komunitas di Sumbar itu merupakan bentuk antusiasme sektor pariwisata menyambut tahun 2021 tanpa COVID-19.

"Satu tahun penuh pandemi melanda, sektor pariwisata menjadi salah satu yang terdampak paling parah. Mudah-mudahan pada 2021 semua bisa bangkit kembali," ujarnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Hendri Agung Indrianto menyebut secara umum pada 2021 seluruh kabupaten/kota telah menyiapkan even terbaik untuk menarik wisatawan ke Sumbar. Even itu disusun dari Januari- Desember 2021 agar tidak bertabrakan. Wisatawan bisa memilih even yang akan di datangi.

Even Festival Pamalayu akan berlangsung 1-7 Januari 2021 di Kabupaten Dharmasraya. Iven itu menampilkan sejumlah kegiatan menarik seputar sejarah kerajaan yang ada di daerah itu. Bukti sejarah seperti Arca Amogaphasa dan Arca Bhairawa membuktikan adanya kerajaan besar di Dharmasraya pada masa lalu.

Sejumlah peristiwa seni dan budaya disiapkan dalam sebuah rangkaian untuk menggali kekayaan kerajaan lama itu dan dipastikan bisa menarik wisatawan untuk datang.

Serak Gulo dan Indian Culture diselenggarakan di Kota Padang pada 14 Januari 2021. Serak gulo merupakan tradisi masyarakat India di Padang. Kegiatan itu dimulai dengan Sholat Ashar berjamaah di masjid. Kemudian gula 200 gram yang telah dibungkus dengan kain beraneka warna dilemparkan ke arah kerumunan warga dari atas atap masjid. Masyarakat selalu antusias menyambut acara ini setiap tahun.

Festival Cap Go Meh akan menjadi even penutup pada Januari 2021. Berlokasi di Kota Tua Padang, festival itu diramaikan atraksi Barongsai, Ular Naga dan Kio atau patung dewa.

Festival yang juga untuk menyambut Tahun Baru Imlek itu juga mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat setiap tahun. Cukup banyak spot foto yang unik dan menarik selama even berlangsung sehingga mampu menjadi daya tarik bagi milenial juga. (*)