Destinasi fotogenik "Janjang Saribu" jadi nominator API 2020

id Janjang saribu,janjang koto gadang

Destinasi fotogenik "Janjang Saribu" jadi nominator API 2020

Sejumlah wisatawan menelusuri objek wisata "Janjang Saribu" di Kelurahan Bukik Apik, Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumbar, Kamis (1/1). Sejumlah objek wisata di Kota Bukittinggi dipadati wisatawan dari beberapa Kota/kabupaten dan Provinsi untuk menghabiskan masa liburan Tahun Baru dan sekolah. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/ss/mes/15

Kita berharap saat pandemi berakhir wisatawan akan kembali datang, salah satunya ke destinasi ini,
Padang (ANTARA) - Destinasi unik dan fotogenik yang membentang di perbatasan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yaitu Janjang saribu (tangga seribu) masuk dalam nominasi Destinasi Unik Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

"Banyak spot foto yang menarik di sepanjang jenjang yang membentang naik-turun dari Koto Gadang, Agam melintasi Ngarai Sianok hingga ke Bukittinggi ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Senin.

Janjang saribu atau Janjang Koto Gadang memiliki panjang keseluruhan sekitar 780 meter, lebar jalan dua meter. Konstruksinya dibuat menyerupai Tembok Besar Tiongkok.

Di pertengahan jenjang yang terbentang tersebut terdapat sebuah jembatan gantung yang sering disebut Jembatan Merah. Jembatan itu menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Dari ujung ke ujung perjalanan melintasi jenjang itu kira-kira memakan waktu 20 menit.

Novrial menyebut pada zaman penjajahan Belanda sudah ada perlintasaan di lokasi Janjang Saribu tersebut. Namun waktu itu namanya adalah Janjang Batuang karena terbuat dari tanah dan ditopang oleh bambu atau batuang menurut bahasa daerah setempat.

Saat itu penduduk menggunakannya sebagai jalan pintas dari Koto Gadang menuju Bukiktinggi atau bila hendak mengambil pasir di sungai.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Hendri Agung Indrianto menyebut masuknya Janjang Saribu dalam nominasi Destinasi Unik Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 penting artinya untuk mempromosikan destinasi tersebut pada wisatawan nusantara.

"Kita berharap saat pandemi berakhir wisatawan akan kembali datang, salah satunya ke destinasi ini," katanya.

Ia mengatakan Anugerah Pesona Indonesia 2020 dilakukan dengan cara voting atau pemungutan suara yang dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020.

Pemungutan suara dilakukan dengan lima cara yaitu melalui SMS Premium dengan mengetik keyword dan mengirim ke 99386, Video Pariwisata di Youtube Channel APIaward dengan cara subscribe dan like, selanjutnya dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan men-like gambar nominasi.

Dan terakhir dengan cara aplikasi Android dan bisa juga dengan cara web vote: anugerahpesonaindonesia.com

Ada 18 kategori yang dilombakan dalam API 2020 masing-masing Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja. Cendera Mata, Olahraga dan Petualangan, Wisata Air, Ekowisata.

Kemudian Dataran Tinggi, Atraksi Budaya, Situs Sejarah, Kampung Adat, Festival Pariwisata, Destinasi Kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru dan Surga Tersembunyi.***1***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar