Agen rahasia James Bond ternyata betul-betul ada di Polandia

id james bond

Agen rahasia James Bond ternyata betul-betul ada di Polandia

Dokumen diduga agen rahasia Inggris bernama James Bond dari arsip Institute of National Remembrance (IPN) di Polandia, 23 September 2020.(REUTERS/KACPER PEMPEL)

Jakarta (ANTARA) - Warga Polandia terkejut mendengar berita ada pria yang diduga mata-mata Inggris bernama James Bond di negara mereka tahun 1960-an, setelah Institute of National Remembrance (IPN) mengunggah arsip mengenainya di media sosial.

Berdasarkan arsip, James Bond datang ke Polandia pada 18 Februari 1964 dan dipekerjakan sebagai pengarsip untuk Atase Militer Kedutaan Inggris. Dia langsung menarik perhatian petugas kontra-intelijen Polandia.

"Kami tahu dia ada di Polandia... tahun 1964 dan 1965," kata direktur arsip IPN Marzena Kruk kepada Reuters.

"Dia melakukan perjalanan di Polandia... dia menyukai perempuan, sama seperti karakter fiksi James Bond, tapi tidak ada catatan mengenai Martini," kata dia, mengacu kepada minuman favorit agen rahasia 007.

"Namun, ada informasi bahwa dia menyukai bir Polandia."

Bond diawasi ketat di Polandia, dia mengunjungi wilayah Bialystok dan Olsztyn di timur laut Polandia untuk mencoba "menembus fasilitas militer".

Kendati demikian, tidak ada catatan Bond berinteraksi dengan warga Polandia, yang akan jadi konsekuensi serius bagi warga Polandia bila diduga bekerjasama dengan mata-mata negara lain.

Mata-mata Inggris 007 dibuat oleh penulis Ian Fleming dan diadaptasi ke layar perak pada 1962, dibintangi oleh Sean Connery, Reuters dikutip Kamis.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar